admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Pengaduan Aspirasi Berbasis Mobile

1 min read

Sistem pengaduan aspirasi berbasis mobile merupakan aplikasi yang dirancang memberikan saran, pengaduan atau kritik yang dapat digunakan untuk kebutuhan instansi. Aplikasi serupa banyak juga dikembangkan untuk meningkatkan performas dari aplikasi e-government. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk membuat wadah yang tepat bagi siapapun agar dapat menyampaikan aspirasi pada instansi secara langsung.

Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman java yang mendukung untuk pembuatan aplikasi android. Agar tampilan dan kinerja aplikasi sesuai dengan yang diharapkan mara fitur Firebase Cloud Mesagging ditambahkan pada aplikasi tersebut.

Cara Kerja Sistem Pengaduan Aspirasi Berbasis Mobile

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, maka terlebih dahulu harus download source code aplikasi pada google play store. Aplikasi dapat dijalankan pada smartphone android dengan minimal versi adalah gingerbread.

Pada halaman aplikasi anda akan disuguhkan dengan tampilan dashboard yang memuat berbagai informasi mengenai instansi tersebut. Untuk memulai pengaduan anda dapat memilih menu form pengaduan. Lalu mengisi form tersebut sesuai dengan keluhan, saran, atau kritik yang ingin diberikan.

Source Code Aplikasi Mobile Untuk Pengaduan Aspirasi

Aplikasi dirancang dengan menggunakan source code java yang dibuat pada software android studio. Anda dapat mengunduh dan install software Android Studio terlebih dahulu untuk mendukung pembuatan aplikasi. Pembuatan source code disertakan dengan fitur firebas cloud messaging untuk mengirimkan pesan atau laporan jika ada aspirasi yang terkirim Metode UML (Unified Modelling Language) juga digunakan untuk membuat aplikasi.

Source code database juga diperlukan untuk membuat sistem yang dapat mengelola dan menyimpan data dengan baik. Source code mysql menjadi sistem basis data yang dipilih untuk aplikasi android kali ini. Hal ini karena mysql dinilai dapat memberikan performa aplikasi yang dinamis dan interaktif.

Fitur Pada Aplikasi Mobile Pengaduan Aspirasi

  1. Homepage

Fitur yang menampilkan halaman utama dari aplikasi, pada halaman ini akan muncul dashboard menu dan juga informasi terkait kegiatan instansi dan event yang akan diadakan.

  • Pengaduan

Fitur utama yang digunakan untuk menyampaikan aspirasi pada instansi tersebut. Anda dapat klik menu pangaduan pada bagian dashboard. Untuk proses pengaduan anda cukup mengisi form yang telah disediakan.

  • Kotak Masuk

Fitur yang terdapat pada aplikasi client server, yaitu kotak masuk untuk menyimpan form pangaduan yang telah dibuat. Fitur ini terhubung dengna source code database untuk meyimpan pengaduan pada cloud/internet.

  • Call Center

Pusat bantuan jika terdapat keadaan urgensi yang membutuhkan bantuan dari instansi terkait dalam waktu yang cepat. Fitur ini akan terhubung dengan layanan whatsapp dan penggilan telepon.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Sistem pengaduan aspirasi berbasis mobile dapat dioperasikan pada smartphone dengan minimal versi android adalah gingerbread.

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange