admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Sistem Reservasi Hotel Berbasis Desktop

1 min read

Sistem reservasi hotel berbasis desktop merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu kegiatan resepsionis hotel. Penggunaan komputer dapat mempermudah proses reservasi alih-alih menggunakan cara manual. Mencatat daftar reservasi hotel secara manual tentunya menyulitkan untuk membuat pembukuan dan memakan banyak waktu.

Karena itulah saat ini hotel-hotel lebih memilih untuk mengembangkan aplikasi desktop untuk reservasi hotel. Selain lebih mudah, kegiatan reservasi juga dapat dilakukan secara terintegrasi daam sistem komputer. Aplikasi desktop untuk reservasi hotel dapat dibangun dengan menggunakan teknik koding sederhana.

Cara Kerja Sistem Reservasi Hotel Berbasis Desktop

Cara kerja dari aplikasi desktop untuk reservas hotel tergolong sederhana. Resepsionis hanya perlu mengisi form pada aplikasi yang disediakan. Setelah data reservasi lengkap, maa sistem akan mengirim data tersimpan pada penyimpanan dan basis data. Output dari aplikasi adalah berupa nomor reservasi dan besaran reservasi yang harus dibayarkan pelanggann

Source Code Aplikasi Desktop Reservasi Hotel

Source code aplikasi desktop dapat dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C# yang didukung dengan software Visual Basic versi 2008. Source code C# dirancang dengan mengunakan metode pendekatan CRM (Costumer Relationship Management). Karena kegiatan reservasi membutuhkan penyimpanan yang aman. Maka diperlukan jenis basis data yang dapat membantu pengelolaan dan penyimpanan data.

Anda dapat menggunakan source code mysql yang terdapat pada software Microsoft SQL Server 2005. Kegiatan pembuatan database dengan menggunakan Microsoft SQL Server jauh lebih mudah dan lebih aman. Source code C# dan mysql menjadi dasar utama untuk membangun aplikasi desktop reservasi hotel.

Fitur Pada Aplikasi Desktop Reservasi Hotel

Aplikasi dibuat dengan menggunakan fitur yang sederhana dan user friendly sehingga akan lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini fitur yang terdapat pada aplikasi desktop.

  1. Form Reervasi

Pada tampilan awal aplikasi destop akan tersedia form reservasi yang harus diisi oleh resepsionis sesuai dengan data pelanggan. Data pelanggan akan otomatis terkirim pada database dan sistem akan otomatis mengelola data tersebut untuk menghasilkan output reservasi.

  • Hasil Reservasi

Fitur yang memberikan kemudahan untuk menentukan jadwal reservasi dari pelanggan. Sistem akan otomatis menyediakan kamar dan jadwal reservasi secara otomatis sesuai dengan jadwal dan kamar yang kosong.

  • Pembukuan

Fitur yang hanya dapat diakses oleh admin. Fitur ini digunakan untuk mengambil data tamu hotel dan menghitung besaran pendapatan kotor. Aplikasi desktop reservasi hotel merupakan salah satu inovasi untuk memberikan kemudahan. Dengan adanya aplikasi desktop maka kegiatan finansial perusahaan dapat dilakukan secara terintegrasi.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Untuk membuat sistem reservasi hotel berbasis desktop dibutuhkan spesifikasi perangkat lunak sebagai berikut.

  1. Windows 7
  2. Processor intel core i7
  3. RAM 3GB

link download : bit.ly/3ey8R6F

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange