Source Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Full Berbasis Web

2 min read

Dalam dunia pendidikan, penggunaan aplikasi seperti sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Dengan aplikasi tersebut, segala hal yang berhubungan dengan pengadministrasian bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan di sekolah-sekolah adalah source code aplikasi sistem informasi menajemen sekolah full berbasis web.

Kegunaan Dari Aplikasi

Aplikasi sistem informasi menajemen sekolah full berbasis web adalah sebuah software atau aplikasi yang diperuntukkan untuk membantu pengerjaan administrasi dan data yang ada di sekolah. Misalnya adalah data siswa, data guru, data inventaris sekolah, serta seluruh kegiatan transaksi yang terjadi di sekolah, termasuk pembayaran yang dilakukan siswa dan transaksi keuangan lainnya.

Fitur-fitur Dalam Aplikasi

Seperti halnya aplikasi berbasis web lainnya, source code aplikasi berbasis web ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur untuk memudahkan pengguna aplikasi dalam mengoperasikannya. Fitur yang ada dalam aplikasi ini juga sudah lengkap, sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya. Fitur yang ada dalam aplikasi ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Log in
  • Halaman Awal
  • Manajemen Aplikasi
  • Manajemen Data Master
  • Data Kesiswaan
  • Data Akademik
  • Manajemen Ujian
  • Perpustakaan
  • Data Keuangan
  • Absensi
  • Inventaris Ruangan
  • Forum Diskusi
  • Log out

Kegunaan Masing-masing Fitur

  • Manajemen Aplikasi

Dengan download source code aplikasi, pengguna bisa menggunakan fitur manajemen aplikasi untuk mengatur aplikasi sesuai dengan kebutuhan dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengembangkan fitur yang sudah ada, dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau lembaga yang menggunakan aplikasi ini.

  • Manajemen Data Master

Manajemen data master merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mengatur berbagai data yang dibutuhkan di sebuah lembaga pendidikan. Contohnya adalah data sekolah, data jenjang, data jurusan, data guru dan karyawan, data ekstra kurikuler, data perpustakaan dan lain sebagainya. Melalui fitur ini pengguna bisa mengatur aplikasi sesuai data yang diperlukan sekolah.

  • Data Kesiswaan

Fitur data kesiswaan pada source code php dan mysql ini, bisa digunakan untuk mengelola data yang berhubungan dengan data kesiswaan. Seperti nama siswa, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, kelas atau jurusan.  Data kesiswaan ini bisa dicari sesuai dengan tahun akademik atau tahun pelajaran yang sedang berlangsung.

Dengan  fitur ini, pengguna juga bisa mencari dan menemukan data siswa berdasarkan ddata yang sudah diinput ke dalam aplikasi. Fitur ini juga memuat data kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti siswa. Selain itu, nilai serta keterangan kenaikan dan kelulusan siswa tersebut, bisa ditemukan dengan menggunakan fitur data kesiswaan ini.

  • Data Akademik

Pada fitur ini, pengguna bisa mendapatkan beberapa sub fitur. Diantaranya adalah sub fitur tahun akademik, data kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut, data mata pelajaran yang ada, serta guru atau pengampu dari masing-masing mata pelajaran yang ada. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengolah data nilai yang dicapai oleh siswa, termasuk dalam pencetakan raport.  

  • Perpustakaan

Untuk data sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti perpustakaan, bisa dikelola dengan menggunakan fitur perpustakaan.  Melalui fitur ini, seluruh asset yang ada di perpustakaan seperti jenis dan jumlah buku, rak buku, data petugas perpustakaan, data peminjam buku, tanggal peminjaman dan pengembalian buku, semua bisa dikelola sesuai dengan sub fitur yang ada.

  • Inventaris Ruangan

Untuk data inventaris yang ada di sekolah, bisa diatur pengelolaannya dengan menggunakan fitur inventaris ruangan. Dalam fitur ini source code php bisa mendata semua inventaris sekolah serta perabot yang ada di dalamnya. Diantaranya adalah meja kursi, almari, laptop, alamari, dan lain-lain. Data inventaris meliputi nama barang, jumlah, tahun pembelian serta harganya.

Spesifikasi

Aplikasi sistem informasi menajemen sekolah full berbasis web ini merupakan aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman php, dan berbasis web. Dengan demikian, aplikasi ini terlihat sangat dinamis, serta mudah diakses dan dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna aplikasi.

Mobilitas dalam bekerja, termasuk dalam pengadministrasian data sekolah merupakan tuntutan yang harus dipenuhi di era sekarang ini. Kehadiran aplikasi berbasis web ini akan sangat membantu pekerja administrasi sekolah dalam mengelola data sekolah yang diperlukan.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange