Source Code Aplikasi Absensi Siswa Master Berbasis Php Mysql

1 min read

Pada model pembelajaran e-learning membuat pendataan kehadiran siswa juga dilakukan secara digital. Pendataan kehadiran tersebut akan menjadi lebih mudah dengan adanya source code aplikasi absensi siswa master berbasis php mysql.

Aplikasi ini memiliki penggunaan yang cukup mudah. Selain itu, aplikasi absensi siswa berbasis web ini juga dioperasikan secara online dengan bantuan jaringan internet. Lebih jelasnya mengenai aplikasi absensi siswa, simak dalam uraian berikut.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi absensi siswa akan memudahkan pengelola data untuk mendata daftar kehadiran siswa di setiap pertemuannya. Dengan aplikasi ini proses pendataan akan menjadi lebih mudah karena setiap data diproses secara digital.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan data kelompok dengan jumlah yang cukup besar. Hal ini akan memudahkan pemantauan kehadiran siswa maupun guru. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menyimpan data keaktifan pembelajaran di sekolah.

Fitur

Fitur dalam source code aplikasi absensi siswa master berbasis php mysql ini telah dirancang semenarik mungkin untuk menyimpan data absensi siswa. Lebih jelasnya, fitur-fitur dalam aplikasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Login/Logout
  • Data Admin
  • Data Guru
  • Data Siswa
  • Data Kelas
  • Data Wali Kelas
  • Data Pelajaran
  • Kehadiran Guru

Rincian Fitur

Setiap fitur yang telah disebutkan di atas memiliki tugas dan peranannya masing-masing. Lebih jelasnya mengenai fungsi fitur-fitur tersebut, simak uraiannya di bawah ini.

  • Data Admin

Data admin adalah fitur untuk mengolah data Admin aplikasi. Dalam hal ini pengelola dapat menginputkan identitas kepemiilikan akun agar tersimpan dalam aplikasi. Data yang dimaksud berkaitan dengan alamat e-mail, data username, dan password akun aplikasi absensi

  • Data Guru

Pengelola akun dapat menyimpan data guru melalui fitur ini. Data yang bisa ditambahkan oleh pengelola akun antara lain adalah nama guru, NIP, dan identitas lainnya yang berkepentingan dengan administasi di sekolah.

  • Data Siswa

Sama halnya dengan data guru, hanya saja fitur data siswa digunakan untuk menyimpan data setiap siswa yang ada di sekolah. Termasuk di dalamnya adalah nama siswa, kelas, dan nomor absen. Pengelola juga dapat menambahkan informasi lainnya yang diperlukan seperti alamat atau nama orangtua/wali siswa.

  • Data Kelas

Admin aplikasi dapat meyimpan informasi terkait kelas-kelas dalam sekolah tersebut melalui fitur ini. Hal ini akan memungkinkan pengelola akun menyimpan informasi inventaris kelas beserta kondisinya.

  • Data Wali Kelas

Fitur data wali kelas akan menyimpan informasi siapa saja guru yang memiliki posisis sebagai wali kelas. Admin dapat menambahkan nama-nama guru beserta kontak probadinya agar lebih mudah melakukan komunikasi jika diperlukan dalam kepentingan administratif di sekolah.

  • Data Pelajaran

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur data pelajaran. Pengelola akun dapat menambahkan pelajaran apa saja yang diampu sekolah beserta guru yang mengajar materi pelajaran tersebut.

  • Kehadiran Guru

Selain absensi siswa, aplikasi ini juga memiliki fitur kehadiran guru. Hal ini akan memudahkan Amin untuk mengetahui berapa kali guru tidak masuk kelas. Dalam fitur ini juga terdapat kolom alasan guru tidak dapat hadir seperti izin, sakit, maupun kepentingan penugasan sekolah.

Spesifikasi

Aplikasi ini dirancang dengan bahasa pemrograman php dan mysql. Hal ini akan memudahkan Admin dalam mengatur data, sehingga proses pendataan menjadi lebih efisien. Framework codeigniter pada aplikasi ini membuat aplikasi absensi siswa lebih nyaman untuk dioperasikan.

Source code aplikasi absensi siswa master berbasis php mysql telah banyak diunduh oleh pengelola data instansi sekolah. Adanya aplikasi ini akan membuat segala pendataan yang dilakukan menjadi lebih cepat dan mudah.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange