Source Code Aplikasi Dompet Elektronik Sekolah Gratis

1 min read

Sepertinya belum banyak instansi pendidikan yang mengelola keuangan sekolah secara keseluruhan. Biasanya pihak sekolah masih mengelolanya secara masing-masing. Agar proses pengolahan data keuangan menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan source code aplikasi dompet elektronik sekolah gratis. Penasaran dengan kelebihan aplikasi ini? Simak dalam penjelasan berikut.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini bisa memanajemen keuangan sekolah secara banyak. Contohnya mengelola keuangan SPP, kantin, keperluan donasi, keperluan belanja, dan masih banyak lagi. Fitur yang ada di dalamnya bisa digunakan untuk transaksi. Dengan aplikasi ini proses transaksi akan menjadi lebih mudah. 

Manfaat Aplikasi

Aplikasi ini dibuat sebagai dompet elektronik sekolah. Jadi sistem aplikasi bisa mengelola keuangan sekolah secara digital dan terintegrasi. Tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena semua fiturnya bisa berjalan dengan baik.

Fitur Aplikasi

  • Login/Logout
  • Dashboard
  • Siswa
  • Kantin
  • Donasi
  • SPP
  • Transaksi Siswa
  • Jurnal Admin

Penjelasan Fitur Aplikasi

Setelah memasang source code aplikasi dompet elektronik sekolah gratis ini pada localhost perangkat, maka fitur-fitur di atas bisa terpasang. Setiap fitur yang ada difungsikan untuk hal-hal yang berbeda. Berikut adalah penjelasan fitur aplikasi yang perlu Anda ketahui.

  • Dashboard

Halaman awal aplikasi akan menunjukkan sedikit informasi tentang jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin. Kemudian ada informasi mengenai jumlah dompet atau uang yang dipegang oleh sekolah, siswa, kantin, dan khusus donasi. Total keseluruhan uang juga bisa diketahui dari fitur ini.

  • Siswa

Bagian ini akan menampilkan daftar semua siswa yang ada di sekolah. Data tersebut berisi identitas diri lengkap siswa. Data siswa selanjutnya akan digolongkan berdasarkan jenis kelamin agar Admin lebih mudah memanajemennya. Admin bisa menginput data siswa dengan detail pada fitur ini.

  • Kantin

Sedangkan menu kantin pada aplikasi ini digunakan untuk menambahkan nama kantin yang ada di sekolah. Keterangan kantin yang dimasukkan harus lengkap. Saldo harian yang masuk dan keluar juga wajib diinput rutin agar total keuangan akurat. Admin juga bisa menambahkan kode QR pada menu Kantin untuk setiap makanan dan minuman yang dijual, sehingga bisa dimanfaatkan untuk transaksi.

  • Donasi

Fitur donasi pada aplikasi ini memiliki fungsi untuk menginput donasi baru. Keterangan seperti judul donasi, target donasi, keterangan, dan jumlah dana yang digelontorkan harus jelas dan wajib diisi di dalam fitur yang ada pada bagian ini.

  • SPP

Menu ini berfungsi untuk menarik pembayaran SPP yang ditujukan kepada para siswa. Fitur yang ada didalamnya mencakup biaya SPP, jumlah penarikan yag dilakukan, beserta password admin yang bertugas menarik SPP. Dengan begitu transaksi dapat diketahui jelas sehingga ketersediaan dana SPP bisa transparan.

  • Transaksi Siswa

Menu transaksi pada aplikasi ini berguna untuk menampilkan semua transaksi yang telah dilakukan, baik transaksi masuk dan transaksi keluar. Admin bisa melihat transaksi tersebut berdasarkan waktu tertentu atau menurut jenis transaksi sekolah yang ada.

  • Jurnal Admin

Menu yang terakhir ini berfungsi untuk menyeting sistem aplikasi. Misalnya untuk mengelola user aplikasi.

Spesifikasi Aplikasi

Keunggulan aplikasi ini yaitu bisa menampilkan history transaksi secara keseluruhan dengan otomatis. Hasil tersebut sesuai dengan data-data yang diinput. Penggunaan php dan mysql sebagai server aplikasi membuat pengoperasian fitur berjalan dengan baik. Server tersebut nantinya bisa menciptakan setup aplikasi.

Setelah melihat ulasan tentang source code aplikasi aplikasi dompet elektronik sekolah gratis di atas, memang sangat recommended untuk diterapkan semua sekolah. Pasalnya keuangan sekolah harus dikelola secara aman, akurat, transparan, dan terpercaya. Proses penambahan data juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange