Source Code Aplikasi E-Voting Berbasis Web

1 min read

Pemilihan ketua OSIS merupakan bentuk pelaksanaan demokrasi di sekolah. Voting atau pemilihan tersebut bisa dilakukan secara otomatsi menggunakan source code aplikasi e-voting berbasis web. Aplikasi tersebut bisa dibuka melalui website dan mengharuskan pengunanya untuk login. Penasaran dengan aplikasi e-voting ini? Simak dalam ulasan berikut.

Aplikasi E-Voting

Aplikasi E-Voting salah satu solusi yang memudahkan orang-orang dalam melakukan voting, karena bisa diakses melalui website. Caranya dengan login dengan akun masing-masing dan memberikan vote pada salah satu calon. Source code ini sangat cocok digunakan di lingkup sekolah, karena sistemnya yang simpel dan praktis.

Manfaat Aplikasi

Source code aplikasi e-voting berbasis web bisa dijalankan dengan mudah, karena sistem pengoperasiannya cukup sederhana. Hal tersebut, membuat pemilihan ketua OSIS dan sebagainya bisa dilakukan dengan mudah dan instan. Hasil vote dari aplikasi ini juga bisa diketahui dengan cepat dan akurat. Ada fitur laporan dalam aplikasi ini yang memudahkan menyusun laporan hasil pemilihan.

Voting menggunakan aplikasi merupakan cara mudah untuk mengajarkan anak mengenai demokrasi, serta perkembangan teknologi. Aplikasi ini cukup simpel sehingga tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan acara pemilihannya. Penggunaan aplikasi ini juga bisa meningkatkan peluang siswa untuk menggunakan hak pilihnya, karena aksesnya sangat fleksibel.

Baca Juga :   Project Aplikasi Web: E-Library

Fitur Aplikasi E-Voting

Aplikasi e-voting, berisikan fitur-fitur yang saling tersingkronisasi satu dengan yang lain. Hal tersebut membuat laporan hasil pemilihan menjadi lebih lengkap. Berikut adalah daftar fitur pada aplikasi e-voting yang perlu Anda ketahui.

  • Login/Logout
  • Data Sekolah
  • Data Kandidat Ketua OSIS
  • Data DPT
  • Hasil Pemilihan
  • Laporan

Penjelasan Fitur Aplikasi E-Voting

  • Data Sekolah

Fitur ini merupakan fitur dasar yang berisi mengenai Identitas sekolah serta data kelas. Identitas sekolah berisi data-data penting mengenai sekolah. Data kelas berkatan dengan nama serta jumlah siswa yang nantinya berkaitan dengan data calon pemilih.

  • Data Kandidat Ketua OSIS

Data kandidat berisi profil kandidat yang akan dipilih. Data yang diinput disini meliputi nama, kelas, serta untuk lebih memudahkan proses pemilihan biasanya akan diinput foto kandidat ketua OSIS. Pada fitur data kandidat bisa dilihat data calon ketua OSIS yang disajikan dalam bentuk tabel, untuk mempermudah pengecekan.

  • Data DPT

DPT merupakan singkatan dari Daftar Pemilih Tetap. Data tersebut diperoleh melalui data kelas dan jumlah siswa di sekolah. Fitur ini berisi data mengenai nama, jenis kelamin, NISN, serta kelas. DPT menunjukkan jumlah orang yang bisa mengikuti pemilihan ketua OSIS.

  • Hasil Pemilihan
Baca Juga :   Sistem Pakar Diagnosa Jantung Koroner Metode Fuzzy Mamdani l PHP & MySQL

Fitur yang cukup penting dalam aplikasi ini adalah hasil pemilihan. Pada fitur ini, bisa diketahui jumlah DPT secara keselutuhan, jumlah DPT yang menggunakan hak suaranya untuk memilih, dan jumlah DPT yang tidak memilih atau golput

  • Laporan

Laporan adalah hasil akhir dari pemilihan ketua OSIS yang telah dilaksanakan. Hasil ini menunjukkan jumlah yang hadir ketika pemilihan, dan menunjukkan perolehan suara dari masing-masing kandidat, dan siapa yang meraih voting tertinggi.

Teknologi Aplikasi E-Voting

Apliasi E-voting yang cukup dan user friendly ini, didukung dengan berbagai program pendukungnya. Contoh program pendukung yang digunakan dalam aplikasi ini adalah  HTML 5 & CSS 3, template admin boostrap, dan berbagai program pendukung lainnya.

Source code aplikasi e-voting berbasis web bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengajarkan anak-anak mengenai budaya demokrasi. Tampilannya yang mudah untuk dioperasikan serta masih bisa dikembangkan membuat aplikasi ini sangat bermanfaat. Download aplikasi ini untuk merasakan manfaat lainnya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Baca Juga :   Source Code Sistem Informasi Aset Berbasis Web