Source Code Aplikasi E-Voting Pemilihan Kepala Desa Berbasis Web

2 min read

Source code aplikasi e-voting pemilihan kepala desa berbasis web merupakan salah satu software yang dihadirkan guna mempermudah KPU dalam pengambilan suara. Tidak hanya menguntungkan bagi pihak KPU saja, namun juga seluruh masyarakat yang memiliki hak dalam pengambilan suara tersebut.

Oleh sebab itu, Anda sebagai penyelenggara dalam pemungutan suara sebaiknya bisa menggunakan aplikasi e-voting ini. Berikut penjelasan detail dari aplikasi tersebut.

Pengertian Aplikasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa

Aplikasi e-voting merupakan salah satu software yang digunakan untuk pengambilan suara dalam suatu pemilihan kepala desa. E-voting tersebut berbasis web, sehingga pihak penyelenggara atau pemilih tidak perlu download source code aplikasi tersebut. Cukup dengan mengaksesnya melalui web browser saja. Akan tetapi jika Anda mendownloadnya terlebih dahulu akan lebih mempermudah.

Manfaat Aplikasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa

Aplikasi e-voting tersebut sangat berperan penting dalam pemilihan kepala desa pada suatu wilayah. Manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi e-voting diantaranya, manajemen pelaksanaan pemilihan lebih mudah dilakukan, pemilik hak suara dapat lebih efektif dalam menyampaikan hak suaranya, meminimalisir resiko terjadinya kecurangan dan bahkan suara yang tidak sah dapat dihilangkan.

Baca Juga :   Source Code Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Metode TOPSIS

Selain itu, aplikasi e-voting juga sangat ramah karena dapat menekan biaya pelaksanaan pemilihan kepala desa. Pelaksanaannya pun juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Fitur Aplikasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa

Demi terselenggaranya pemilihan kepala desa yang sukses dan lancar sesuai rencana, aplikasi e-voting dilengkapi oleh fitur-fitur yang sangat canggih. Berikut macam-macam fitur yang ada dalam aplikasi e-voting.

  • E-Voting
  • Pilkades
  • Tanda Terima
  • Daftar Peserta
  • Hasil Voting
  • Admin
  • Login
  • Setting

Fungsi Masing-Masing Fitur Aplikasi

Fitur-fitur aplikasi pemilihan kepala desa yang dirancang dengan source code PHP dan MySQL tersebut memiliki fungsi, yang diantaranya sebagai berikut.

  • E-Voting

E-voting merupakan fitur dalam aplikasi pemilihan kepala desa yang tempatnya paling utama. Apabila disamakan dengan aplikasi lainnya, fitur yang satu ini merupakan halaman beranda. Hanya saja khusus untuk aplikasi pemilihan kepala desa dinamakan dengan e-voting. Nah, dalam fitur tersebut biasanya memuat informasi detail mengenai tata cara pemilihan kepala desa melalui aplikasi.

  • Pilkades

Fungsi dari fitur pilkades adalah untuk mengetahui siapa saja calon kepala desa yang telah terdaftar dan tempat dimana pemilih melakukan pemilihan.

  • Tanda Terima
Baca Juga :   Penjualan Barang Dan Jasa Berbasis Android

Fitur selanjutnya yaitu tanda terima. Tanda terima ini digunakan oleh pemilih melakukan login. Sebelum pemilihan dilakukan, para pemilih diarahkan untuk melakukan login terlebih dahulu. Dalam kata lain, tanda terima merupakan tempat absensi para pemilih. Pemilih yang tidak melakukan login dianggap tidak sah dalam menyampaikan hak suara.

Lain halnya bagi seorang admin. Fitur tanda terima berfungsi untuk menambahkan data identitas para pemilih yang berhak menyampaikan hak suaranya dalam pemilihan kepala desa.

  • Daftar Peserta

Source code PHP yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur daftar peserta. Fitur tersebut merekap semua peserta yang telah terdaftar. Peserta yang dimaksud adalah para calon kepala desa. Dalam fitur ini pula admin dapat menambahkan peserta yang telah mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa.

  • Hasil Voting

Setelah pemilihan dilakukan, berapa presentase suara yang didapatkan oleh setiap calon dapat diketahui melalui fitur hasil voting. Aplikasi e-voting pemilihan kepala desa berbasis web memang sangat memberikan kemudahan bagi banyak pihak. Penghitungan suara tidak perlu lagi dilakukan secara manual sehingga memakan banyak waktu. Semuanya bisa dikerjakan secara otomatis.

  • Admin
Baca Juga :   Sistem Pakar Analisis Tingkat Kebutuhan

Sebelum admin mengelola pelaksanaan pilkada melalui aplikasi e-voting, sebaiknya melakukan login pada fitur admin yang satu ini agar dapat mengakses aplikasi secara lebih mudah. Apabila Anda sudah melakukan login, segala data yang ada di dalam aplikasi bisa ditambahkan, dikurangi atau bahkan dihapus sesuai keinginan dan kebutuhan.

Spesifikasi Aplikasi e-Voting Pemilihan Kepala Desa

Source code aplikasi berbasis web satu ini dibuat menggunakan sistem pengolahan data PHP dan MySQL. Data yang masuk dapat diolah secara lebih mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi e-voting sangat ringan digunakan. Pengaksesannya pun mudah dan cepat melalui smartphone, komputer maupun laptop yang tersambung ke internet.

Dengan menggunakan aplikasi e-voting pemilihan kepala desa berbasis web, pihak penyelenggara pasti akan merasakan kepuasan. Tidak memerlukan banyak biaya dalam penyelenggarannya, pun pemilihan kepala desa dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih