Source Code Aplikasi Kasir Berbasis Web Framework Codeigniter

1 min read

Source code aplikasi kasir berbasis web framework codeigniter merupakan aplikasi yang digunakan oleh toko-toko untuk memudahkan pekerjaan kasir. Hadirnya aplikasi ini mampu memudahkan kasir dalam mengelola data transtaksi. Bagi Anda yang penasaran mengenai aplikasi ini, berikut adalah penjelasan dan fitur-fitur yang dimiliki aplikasi kasir berbasis web.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi berbasis web ini biasa digunakan pada kasir sebuah toko atau restoran. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang bisa memudahkan kinerja kasir dalam mengelola keuangan atau pendataan transaksi. Laporan transaksi juga bisa dicetak sebagai kwitansi pembayaran.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi kasir berbasis web ini dibuat sebagai alat penghitung transaksi pembelian dan penjualan dengan konsumen. Kasir akan dibantu dalam menginput pesanan secara otomatis. Sistem aplikasi yang mampu bekerja secara otomatis tentunya akan membuat pekerjaan kasir menjadi lebih cepat.

Fitur Aplikasi

Source code aplikasi kasir berbasis web framework codeigniter ini mempunyai fitur-fitur yang bisa Anda gunakan untuk keperluan transaksi. Berikut adalah daftar fitur yang dimiliki aplikasi kasir berbasis web.

  • Login/Logout
  • Home
  • Menu Restoran
  • Transaksi
  • Pesanan
  • Cetak Laporan
  • Bantuan

Penjelasan Fitur Aplikasi

Perlu Anda ketahui bahwa setiap fitur-fitur di atas memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan aplikasi ini, berikut adalah penjelasan dari masing-masing fiturnya.

  • Home

Fitur Home pada aplikasi ini berguna untuk memberikan sekilas informasi tentang data pelanggan restoran. Data pelanggan meliputi nama pelanggan, jenis kelamin, no hp. Selain itu, Anda juga bisa menghapus atau mengedit bagian ini

  • Menu Restoran

Fitur ini berfungsi untuk menginput daftar makanan dan minuman yang tersedia. Anda bisa menambahkan data tentang nama makanan atau nama minuman, harga, dan gambar atau foto makanan atau minuman tersebut.

  • Transaksi

Fitur transaksi pada aplikasi ini digunakan untuk laporan invoice. Admin bisa menginput semua makanan atau minuma yang telah dipesan oleh pembeli. Laporan berisi id transaksi, daftar pesanan, jumlah bayar, total bayar, kembalian, nama pembeli, dan status pesanan akan dilaporkan jadi satu dan bisa langsung dicetak.

  • Pesanan

Fitur pesanan pada aplikasi ini berguna untuk menyimpan data pesanan yang terjadi dalam waktu tertentu, misalnya pada hari tersebut. Jadi total penjualan dan keuntungan bisa Anda ketahui dengan fitur ini. Selain informasi per harinya, informasi setiap minggu atau bulanan juga bisa dihitung otomatis oleh sistem aplikasi.

  • Cetak Laporan

Setelah membuat invoice pada menu Transaksi, laporan atau kwitansi pesanan tersebut bisa dicetak pada fitur Cetak Laporan. Disini kasir juga bisa melihat daftar invoice setiap harinya dan bisa mencetaknya sebagai arsip keuangan.

  • Bantuan

Fitur ini berguna untuk menyetting halaman aplikasi jika terjadi suatu masalah. Admin juga bisa memanajemen pengguna lain, misalnya menambahkan admin kasir lainnya dengan membuat username dan password pengguna lagi.

Spesifikasi Aplikasi

Aplikasi ini sangat berguna untuk memanajemen keuangan dan barang-barang yang dijual. Tampilan aplikasinya tidak begitu rumit, karena admin hanya perlu menginput data barang dan harga beserta keterangan rinci. Dengan begitu transaksi bisa berjalan sesuai dengan data yang diinput. Kwitansi pembelian juga bisa dicetak dengan cepat pada saat itu juga.

Umumnya aplikasi kasir dibantu oleh  barcode scanner yang akan mendeteksi barang secara otomatis. Caranya dengan mencocokkan barcode barang ke alat scanner tersebut. Dengan cepat data mengenai barang tersebut bisa ditampilkan di layar.

Source code aplikasi kasir berbasis web framework codeigniter ini sangat recommended diterapkan pada jenis usaha apapun. Tujuannya adalah untuk membantu mengelola data penjualan secara digital. Kinerja kasir juga lebih efektif dengan bantuan aplikasi ini.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange