Source Code Aplikasi Kasir Penjualan Dengan PHP & Mysql

2 min read

Source code aplikasi kasir penjualan dengan php & mysql dapat digunakan untuk toko-toko yang memiliki banyak cabang agar proses transaksi bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga tidak akan membuat pengguna kebingungan. Selain itu, aplikasi ini juga biasanya digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa teknik informatika.

Mengenal Sekilas Tentang Aplikasi

Segala aktivitas yang berkaitan dengan transaksi, pencatatan barang, distribusi bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Aplikasi ini bisa diunduh langsung lewat Google Play Store atau langsung menginstalnya di komputer toko Anda. Ada banyak jenis aplikasi point of sales yang bisa Anda gunakan di antaranya iReap POS Lite, Olsera, Moka, Pawoon, Kasir Pintar dan masih banyak lagi.

Fungsi Mengunduh Aplikasi

Source code php & mysql yang satu ini tentu membawa beberapa manfaat dan di antaranya untuk meningkatkan kualitas layanan di toko Anda agar tidak ada antrian panjang sehingga membuat pelanggan merasa kesal menunggu. Fungsi berikutnya adalah semua proses transaksi bisa Anda pantau lewat aplikasi ini jadi tidak akan ada kasir yang melakukan kecurangan atau berbohong.

Fungsi berikutnya adalah untuk mencetak bukti pembayaran langsung melalui aplikasi jadi tidak menggunakan cara manual. Adanya nota akan memudahkan pembeli untuk memeriksa apakah ada kesalahan atau tidak sebelum meninggalkan kasir. Fungsi berikutnya yaitu untuk memantau jumlah barang yang tersedia di dalam toko.

Jadi kasir tidak perlu repot-repot ke gudang untuk memeriksa ketersediaan barang. Kasir tinggal menghubungi pihak admin gudang untuk menanyakan jumlah barang, jika habis maka akan langsung mengomunikasikannya dengan pihak produsen untuk restock produk. Fungsi berikutnya adalah untuk mengetahui jumlah barang yang keluar setiap periode tertentu.

Jadi Anda bisa melihat bagaimana perkembangan toko dengan laporan yang tersedia dalam bentuk tabel dan grafik. Anda bisa dengan mudah untuk menentukan strategi pemasaran berikutnya. Fungsi selanjutnya adalah menginformasikan kepada pembeli jika toko Anda mengadakan promo atau diskon, cara ini tentu bisa dengan mudah untuk menarik perhatian pelanggan.

Fitur-Fitur Pada Aplikasi Kasir

  • Profil Toko
  • Absensi Karyawan
  • Data Karyawan
  • Barang Masuk
  • Barang Keluar
  • Gudang
  • Pencarian
  • Transaksi
  • Laporan

Penjelasan Tiap Fitur Pada Aplikasi Kasir

  • Profil Toko

Fitur pertama pada aplikasi kasir penjualan dengan php & mysql adalah profil toko. Fungsi dari fitur yang satu ini untuk memperkenalkan kepada khalayak umum tentang toko Anda. Anda bisa mengisinya dengan informasi-informasi umum seperti alamat, apa saja yang dijua, promo dan sebagainya.

  • Absensi Karyawan

Agar meminimalisir sikap tidak disiplin dari setiap karyawan, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengecek siapa pegawai yang datang terlambat dan tepat waktu. Jadi jika ada karyawan yang sering terlambat Anda bisa langsung menegurnya.

  • Data karyawan

Source code php ini juga menyediakan fitur untuk mendata semua karyawan yang bekerja di toko Anda. Semua data pribadi dan berkas-berkas penting milik karyawan akan tersimpan dengan rapi di dalam fitur ini. Jika ada karyawan yang keluar Anda bisa menghapus datanya dengan memilih ikon bergambar tong sampah.

  • Barang masuk

Fitur berikutnya bernama barang masuk dimana fungsinya untuk memudahkan pemantauan jumlah produk yang masuk ke dalam toko itu apa saja dan berapa. Jadi ketika pihak gudang menginput datanya maka kasir juga akan mengetahui jumlah produk tersebut. Jadi ketika ada produsen yang mengantarkan barang, pihak gudang bisa langsung memasukkan datanya ke fitur ini.

  • Barang Keluar

Fitur berikutnya adalah memantau jumlah barang yang keluar berapa jumlahnya setiap bulannya. Adanya fitur ini untuk juga akan memudahkan laporan mingguan, bulanan atau tahunan jadi lebih mudah karena datanya pasti akurat.

  • Gudang

Aplikasi kasir penjualan dengan php & mysql menyediakan fitur gudang untuk memudahkan proses komunikasi dengan kasir terkait ketersediaan barang.

  • Pencarian

Jika kasir ingin mencari sebuah produk dan harganya bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Fitur ini terletak di bawah menu gudang.

  • Transaksi

Segala aktivitas transaksi bisa dilakukan dengan fitur ini, mulai dari scan barcode sampai mencetak struk online atau nota.

  • Laporan

Source code aplikasi berbasis web ini juga menyediakan fitur laporan dimana kasir akan dengan mudah mencetaknya.

Spesifikasi

Berdasarkan penjelasan mengenai fitur-fitur yang ada di atas, tentu aplikasi ini sangat mudah digunakan bukan? Hal tersebut dikarenakan ada spesifikasi yang dirancang di dalamnya seperti bahasa pemrogaman berbasis PHP dan HTML 3.

Download source code aplikasi tidaklah rugi karena bisa meningaktkan pemasaran produk Anda. Semua proses transaksi bisa dilakukan hanya menggunakan aplikasi.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange