Source Code Aplikasi Komunitas Berbasis Web dengan PHP

2 min read

Apakah Anda salah satu orang yang senang berorganisasi? Atau mungkin Anda adalah salah satu pengurus dalam komunitas tertentu? Nah, sudah taukah Anda dengan yang namanya aplikasi komunitas berbasis web dengan PHP?

Aplikasi tersebut merupakan salah satu sistem yang akan membantu Anda dalam mengatur administrasi komunitas. Jika belum tau apa itu yang dimaksud dengan aplikasi komunitas, yuk simak penjelasnnya berikut ini.

Pengertian Aplikasi Komunitas Berbasis Web

Dalam suatu komunitas tentu diperlukan adanya administrasi yang jelas terkait keanggotaan. Nah, disinilah peran aplikasi komunitas berfungsi. Aplikasi komunitas berbasis web merupakan suatu sistem yang akan mengatur keanggotaan komunitas secara lebih rapi dan jelas.

Tidak hanya itu, pengoperasian aplikasi komunitas ini juga terbilang mudah. Semua fitur dirancang dengan sangat sederhana. Dengan begitu, Anda hanya perlu waktu sebentar saja untuk belajar menggunakannya. Aplikasi komunitas ini juga bisa digunakan secara offline. Akan tetapi, jika Anda memerlukan penyingkronan data, maka harus digunakan dalam kondisi online.

Manfaat Aplikasi Komunitas Berbasis Web

Source code PHP aplikasi tersebut akan sangat membantu para pengurus komunitas dalam melakukan pencatatan keanggotaan. Semua bisa dimonitor secara lebih mudah melalui aplikasi ini. Apabila suatu saat diperlukan adanya laporan, data-data tersebut pun juga bisa dikeluarkan secara cepat. Sungguh membantu kinerja pengurus sekali bukan?

Fitur Aplikasi Komunitas Berbasis Web

Aplikasi komunitas berbasis web dengan PHP tentu dirancang menggunakan berbagai macam fitur canggih. Dengan demikian, kinerja yang diberikan tidak diragukan lagi. Berikut ini beberapa fitur yang digunakan untuk merancang aplikasi komunitas tersebut.

  • Login
  • Home
  • Pendaftaran
  • List Anggota
  • Data Iuran
  • Laporan
  • Cetak Laporan
  • Setting
  • Logout

Kegunaan Setiap Fitur dalam Aplikasi Komunitas Berbasis Web

Fitur aplikasi komunitas berbasis web tersebut tidaklah sulit gunakan. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikannya, pahami terlebih dahulu apa saja kegunaan dari setiap fitur yang ada di dalamnya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengoperasikannya dengan tepat. Berikut ini ulasan singkat mengenai masing-masing fitur.

  • Login

Setelah Anda download source code aplikasi ini, halaman yang pertama kali ditemui setelah membuka aplikasinya adalah fitur login. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, login harus dilakukan untuk membatasi penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

  • Home

Setelah login, Anda akan dibawa ke fitur home. Fitur tersebut biasanya juga disebut dengan beranda. Halaman utama atau halaman awal yang umumnya berisi informasi singkat terkait aplikasi.

  • Pendaftaran

Fitur pendaftaran merupakan tempat dimana Anda bisa menambahkan calon anggota baru. Data-data dari anggota baru tersebut bisa ditambahkan melalui fitur pendaftaran ini. Misalnya, nomor anggota, nama, alamat, tempat lahir, tanggal lahir dan kelas. Setelah semua data dimasukkan, klik tambah agar data tersebut masuk dalam list anggota.

  • List Anggota

List anggota merupakan fitur kelanjutan dari pendaftaran. Semua anggota yang telah melalui proses pendaftaran, semua datanya akan masuk pada list anggota ini. Isi dari fitur list anggota ini sama dengan yang telah dimasukkan dalam fitur pendaftaran namun ditambah dengan keterangan opsi.

  • Data Iuran

Source code aplikasi berbasis web ini juga disempurnakan dengan fitur data iuran. Fitur tersebut merupakan tempat dimana Anda melakukan pencatatan iuran para anggota dalam komunitas. Nah, dengan adanya data iuran ini, jika suatu saat diperlukan laporan, laporan tersebut bisa dikeluarkan dengan lebih cepat. Tidak lagi repot merekapnya secara manual.

  • Logout

Sama halnya dengan fitur login. Setelah semua pekerjaan dalam aplikasi komunitas tersebut selesai, sebaiknya Anda lakukan logout. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya pihak lain yang hendak berniat jahat.

Spesifikasi Aplikasi Komunitas Berbasis Web

Melihat zaman yang semakin hari semakin modern dan teknologi juga semakin canggih, tentu aplikasi komunitas ini tidak dirancang secara sembarangan. Semuanya telah diperhitungkan berdasarkan perkembangan zaman. Salah satunya adalah source code PHP dan MySQL yang telah digunakannya.

Mungkin di luaran sana banyak menawarkan aplikasi yang hampir serupa. Namun percayalah jika aplikasi komunitas berbasis web dengan PHP ini jauh lebih baik dari aplikasi yang lainnya. Oleh karena itu, ayo buruan miliki aplikasinya dan segera rasakan seluruh manfaatnya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange