Source Code Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL

2 min read

Sekolah atau perguruan tinggi saat ini bisa menggunakan source code aplikasi perpustakaan berbasis web dengan PHP dan MySQL untuk mengelola data koleksi bahan bacaannya. Aplikasi ini dapat digunakan oleh petugas perpustakaan sehingga proses pernyataan tidak lagi menggunakan cara manual. Simak ulasan lengkap mengenai aplikasi perpustakaan berbasis web secara lengkap sebagai berikut.

Apa Itu Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web?

Source code aplikasi berbasis web ini merupakan sistem yang bisa digunakan oleh petugas perpustakaan. Aplikasi ini mengandalkan tampilan sederhana dengan penataan fitur yang rapi, sehingga proses input data bisa dilakukan dengan cepat. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa dioperasikan melalui laptop atau PC asalkan sudah terkoneksi dengan internet.

Kegunaan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web

Fungsi dari source code PHP ini adalah untuk mengelola data seputar aktivitas yang ada di perpustakaan. Admin dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengurangi proses pengolahan data perpustakaan dalam bentuk kertas, sehingga arsip bisa tertata dengan lebih sistematis. Sistem aplikasi yang berbasis web ini juga tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan data.

Fitur Pada Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web

Setelah download source code aplikasi perpustakaan berbasis web ini admin akan menemukan beberapa fitur yang penting untuk dipahami satu per satu. Setiap fitur di dalam aplikasi ini dibekali dengan format masing-masing untuk tujuan penyimpanan data sesuai perintah pengguna. Berikut adalah daftar seluruh fitur yang sudah ada di dalam aplikasi perpustakaan berbasis web tersebut.

  • Home
  • Buku
  • Anggota
  • Transaksi
  • Laporan
  • Cetak Laporan
  • Users   
  • Setting

Penjelasan Setiap Fitur Pada Aplikasi

Admin yang sudah login ke dalam aplikasi perpustakaan berbasis web dengan PHP dan MySQL ini bisa memanfaatkan setiap fitur di dalamnya. Oleh sebab itu, petugas perpustakaan harus mengetahui fungsi dari setiap fitur pada aplikasi perpustakaan tersebut. Lalu, apa saja fungsi dari setiap fitur yang ada pada aplikasi perpustakaan dengan PHP ini? Berikut adalah penjelasannya secara lengkap.

  • Home

Fitur home ini merupakan halaman awal yang akan menyambut pengguna saat pertama kali membuka aplikasi perpustakaan. Fungsi dari fitur ini adalh untuk memberikan gambaran awal seputar aplikasi perpustakaan kepada pengguna. Di samping itu, fitur ini juga berguna untuk akses login pengguna saat baru pertama kali membuka aplikasi atau ingin berganti akun.

  • Buku

Buku merupakan fitur yang bermanfaat untuk mengelola bahan bacaan milik perpustakaan. Pada fitur ini Anda bisa menambahkan informasi buku yang akan dimasukkan ke dalam daftar. Informasi yang akan diisi saat menginput data buku antara lain adalah judul, pengarang, penerbit, kode ISBN, jumlah koleksi, dan lokasi penyimpanan.

  • Anggota

Fungsi dari fitur ini adalah untuk menyimpan data siswa yang menjadi anggota dari perpustakaan. Data siswa ini disimpan agar petugas perpustakaan mudah saat melayani peminjaman buku. Fitur ini berisi form yang terdiri dari NIM, nama anggota, prodi, tahun masuk, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin. Data anggota ini selanjutnya bisa diedit atau dihapus sesuai dengan kebutuhan perpustakaan.

  • Transaksi

Pencatatan pada fitur transaksi yang ada pada source code PHP dan MySQL ini berkaitan dengan peminjaman dan pengembalian buku. Anda dapat mengisi form peminjaman serta menentukan tanggal pengembalian sekaligus. Selanjutnya saat saat terdapat siswa yang mengembalikan buku, maka Anda bisa mengecek apakah terdapat keterlambatan.

  • Laporan

Fitur berikutnya yang ada pada aplikasi perpustakaan ini adalah laporan untuk memuat informasi daftar buku secara berkala. Laporan daftar buku ini digunakan untuk memudahkan pengecekan jumlah bacaan di rak dan yang sesuai dengan hasil input di aplikasi. Laporan ini berguna untuk memudahkan Anda agar mudah melacak buku yang belum dikembalikan oleh peminjam.

  • Users

Kegunaan dari fitur ini adalah untuk menambah data username dan password pengguna agar aplikasi ini dapat digunakan oleh orang yang berbeda. Data untuk login tersebut harus dimasukkan agar semua petugas perpustakaan bisa menggunakan aplikasi.

Spesifikasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web

Aplikasi perpustakaan berbasis web dengan PHP dan MySQL ini mempunyai fungsi yang cukup lengkap dan dapat menyimpan data dengan aman. Sistem aplikasi ini menyediakan fitur berbeda untuk menyimpan data buku dan anggota, sehingga akan memudahkan pencarian. Di samping itu, aplikasi ini juga bisa merespon perintah dengan cepat karena menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Menarik bukan? Bagi pengelola perpustakaan tentu aplikasi ini sangat berarti, karena akan sangat membantu. Jadi, segera miliki, sekarang juga!

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange