Source Code Aplikasi Prakerin Berbasis Web

2 min read

Pelaksanaan praktek kerja Industri merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa SMK. Untuk membuat pendataan siswa yang akan melakukan prakerin lebih mudah jika menggunakan source code aplikasi prakerin berbasis web. Pemantauan hasil praktek siswa lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Source code aplikasi berbasis web ini berguna juga untuk mendata industry yang menerima siswa prakerin.

Apa itu Aplikasi Prakerin?

Aplikasi ini merupakan website yang berfungsi untuk mengelola data siswa yang melakukan prakerin sekaligus memantau berjalannya prakerin. Industry yang bekerja sama dalam penyaluran siswa juga dapat didaftarkan agar bisa memberikan laporan realtime mengenai siswa.

Manfaaat Aplikasi Prakerin Berbasis Web

Aplikasi ini sangat membantu instansi dalam memonitoring kegiatan siswa dalam prakerin. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu source code PHP dan MySQL database membuat tampilan aplikasi lebih ringan dan fitur-fiturnya bisa diedit sesuai kebutuhan.

Fitur

Dalam pengoperasiannya, tentu aplikasi ini didukung beberapa fitur. Berikut merupakan fitur-fitur yang dapat muncul di aplikasi prakerin berbasis web tersebut.

  • Profil
  • Kelola Info
  • Jurusan / Kelas
  • Kelola Pengguna
  • Industri
  • Penempatan
  • Nilai Praktik
  • Monitoring

Detail Fungsi Setiap Fitur

  • Profil

Fitur ini berisi informasi pribadi pemilik akun. Seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jabatan, tugas, dan lain sebagainya.

  • Kelola Info

Pada fitur ini terdapat tempat untuk memberikan informasi atau pengumuman bagi pengguna lain. Untuk menambahkan informasi klik tambah data kemudian isikan informasi yang diperlukan seperti label (tips/ industry/ sekolah/ lain-lain),kemudian judul.

Selanjutnya ada tanggal upload atau bisa juga tanggal deadline jika perlu mengumpulkan tugas atau yang lainnya,deskripsi informasi, dan jika ada gambar yang perlu ditambah klik choose file lalu upload. Tunggu sampai menampilkan tulisan sukses.

  • Jurusan/ Kelas

Fitur jurusan/ kelas ini berisi tentang informasi kelas dan jurusan yang ada di instansi dan akan melakukan prakerin. Informasi yang harus diisikan pada menu kelas adalah nama kelas, pilih jurusan, filter yang akan digunakan. Untuk menambahkan jurusan, caranya kurang lebih sama dengan kelas.

  • Kelola Pengguna

Kelola pengguna merupakan fitur data pembimbing dan siswa. Untuk menambahkan pembimbing baru yaitu dengan cara klik pembimbing baru.

Kemudian isikan informasi seperti nama jurusan, username dan password, NIP, nama lengkap, dan wilayah, kemudian klik simpan. Untuk menambahkan data siswa kurang lebih cara yang dilakukan sama, hanya informasi yang dimasukkan berbeda.

  • Industri

Ini merupakan fitur untuk mendaftar pihak industry yang akan ditempati untuk prakerin siswa. Informasi yang disajikan yaitu foto keadaan tempat industry, nama industry, bidang kerja yang akan diisi siswa, dan kuota kebutuhan siswa.

Untuk mengisi klik industry baru dan isikan informasi yang dibutuhkan seperti nama industry, bidang kerja, deskripsi, alamat, dan yang lainnya.

  • Penempatan

Fitur ini berfungsi untuk mendaftar penempatan siswa. Informasi yang tersedia yaitu NIS, nama sisawa, pembimbing, nama industry, tahun, dan status penerimaan siswa di industry tempat prakerin.data ini merupakan kumpulan data hasil pengolahan dari fitur-fitur yang lain.

  • Nilai Praktik

Nilai praktek merupakan nilai yang didapat siswa hasil akumulasi dari nilai pihak industry dan nilai pembimbing dan muncul  pada fitur ini untuk iformasi dan hasil akhir yang dapat ditampilkan sebagai laporan.

  • Monitoring

Pada fitur ini data keseluruhan nilai prakerin dapat tampil dalam bentuk grafik. Hal ini mempermudah guru danpihak yang lain mengevaluasi berjalannya prakerin, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, apa siswa dapat lancar mengikuti prakerin atau tidak.

Teknologi Pendukung yang Digunakan

Aplikasi prakerin berbasis web ini didukung dengan server Xampp untuk menjalankan sourcode PHP. Sedangkan untuk framework yang digunakan yaitu codeigniter 4.ver dengan dukungan HTML 5 dan CSS 3 Bootstrap menjadikan tampilan website lebih informatif.Selain itu, ada juga framework codeigniter 4.ver dan source code PHP 7.3, HTML5 + CSS 3 Bootstrap, maupun MySQL database yang tersedia dalam programnya.

Itulah teknologi dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi prakerin ini. Tampilan informatif dan akses yang mudah dapat mengefisiensi proses pengelolaan data siswa prakerin. Berminat untuk menggunakan aplikasi ini? segera download source code aplikasi tersebut dan nikmati segala kelebihannya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange