Source Code Aplikasi Sistem Informasi Akutansi (SIA) Berbasis Codeighniter PHP MySQL

1 min read

Data perusahaan perlu dikelola dengan sistem yang lebih rapi dan aman, itulah yang melatarbelakangi terciptanya source code aplikasi sistem informasi akutansi (SIA) berbasis Codeighniter PHP MySQL. Ini didesain khusus untuk memperbaiki rencana manajemen perusahaan serta kelola menjadi lebih cepat. Simak ulasan berikut untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi SIA.

Sekilas Tentang Aplikasi Sistem Informasi Akutansi

Sistem Informasi Akutansi (SIA) berbasis web merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk dapat melakukan pembukuan dan mampu mencatat laporan keuangan pada suatu perusahaan. Ini akan memudahkan pencatatan tersebut secara lebih canggih dan efisien.

Kegunaan Aplikasi “SIA” Berbasis Codeighniter PHP MySQL

Aplikasi SIA memiliki beberapa manfaat bagi para penggunanya. Di antaranya adalah pembukuan perusahaan bisa dilakukan lebih cepat dan otomatis, serta laporan kegiatan dan keuangan perusahaan tersusun rapi dan akurat.

Selain itu, aplikasi dapat membantu pemilik perusahaan untuk melakukan evaluasi dan monitoring kinerja karyawan pada perusahaan dalam mengoperasikan serta pembuatan laporan.

Fitur dalam Aplikasi “SIA” Berbasis Codeighniter PHP MySQL

Source code aplikasi sistem informasi akutansi (SIA) berbasis Codeighniter PHP MySQL ini memiliki beberapa fitur penting. Fitur inilah yang akan menunjang kinerja aplikasi. Beberapa fitur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Login Admin
  • Halaman Dashboard
  • Data Akun
  • Jurnal Umum
  • Buku Besar
  • Neraca Saldo
  • Kas
  • Jurnal Penutup
  • Laporan

Fungsi Aplikasi Sistem Informasi Akutansi

  • Halaman Dashboard

Ini merupakan halaman utama yang muncul ketika user berhasil login. Pada fitur tersebut, di samping kiri terdapat daftar semua menu yang terdiri atas data akun, jurnal umum, buku besar, neraca saldo dan laporan.

  • Data Akun

Fitur selanjutnya ini berisi tentang data yang telah diinput oleh user. Bagian ini akan menjelaskan detail nomor Reff, nama Reff (seperti kas, piutang, perlengkapan), keterangan (kebutuhan untuk divisi apa) serta action (menyediakan pilihan hapus data atau edit data)

  • Jurnal Umum

Fitur jurnal umum menyediakan keseluruhan data perusahaan meliputi data kas, piutang, perlengkapan, peralatan, akumulasi peralatan, utang usaha, modal, prive, pendapatan, beban gaji, beban sewa, beban penyusutan peralatan, beban perlengkapan.

  • Buku Besar

Menu ini digunakan untuk mengedit data mengenai kas perusahaan dan juga piutang yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

  • Neraca Saldo

Dalam fitur ini tersedia data angka mengenai jumlah kas yang dimiliki perusahaan, total piutang, rincian gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan, total beban sewa peralatan dan perlengkapan yang pernah digunakan oleh perusahaan.

  • Transaksi

Data yang tersimpan dalam fitur ini berisi tentang segala bentuk transaksi yang dilakukan oleh perusahaan berikut pendapatan yang diperoleh secara otomatis. Pendapatan keuangan bersifat real yang sudah dikurangi dari berbagai bentuk pembiayaan perusahaan.

  • Laporan

Menyediakan berbagai bentuk laporan yang dikehendaki perusahaan dalam bentuk file pdf yang bisa didownload. Baik soal laporan keuangan, rincian gaji karyawan dan lain-lain.

Spesifikasi Aplikasi Sistem Informasi Akutansi

Dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Database MySQL dan Framework Codeighniter (Cl). PHP sebagai server side scripting, ini dilakukan agar situs tersebut berjalan dengan dinamis. Codeighniter menerapkan konsep MVC (Model, View, Controller). Spesifikasi di atas dapat menunjang pembukuan akutansi lebih rapi, teratur dan akurat.

Source code aplikasi sistem informasi akutansi (SIA) berbasis Codeighniter PHP MySQL ini akan membantu suatu perusahaan dalam melakukan pembukuan dan keperluan administrasi tersusun dengan aman, rapi dan akurat. Tentu ini membuat Anda sangat direkomendasikan menggunakannya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange