Source Code Aplikasi Sistem Informasi Desa Berbasis Web

1 min read

Sebagai perangkat desa, Anda pasti kewalahan jika harus mencatat data-data informasi terkait desa secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan source code aplikasi sistem informasi desa berbasis web. Aplikasi ini hadir dengan manfaatnya yang luar biasa. Nah, untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai aplikasi tersebut, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Sistem Informasi Desa

Sistem informasi desa merupakan suatu aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengelola informasi terkait desa. Aplikasi yang satu ini sengaja dibuat sebagai platform pendukung pelayanan desa. Segala data terkait desa, semuanya bisa dikelola melalui aplikasi yang satu ini. Oleh karena itu, kehadiran dari aplikasi tersebut sangat membantu pemerintahan desa.

Manfaat Sistem Informasi Desa

Sistem informasi desa membawa banyak manfaat yang tidak hanya dirasakan oleh perangkat desa, namun juga para warga. Salah satu manfaat dari aplikasi tersebut adalah menjadikan kantor pemerintahan desa lebih efektif. Hal tersebut karena seluruh data desa dikelola secara rapi sesuai kriterianya.

Jadi, ketika ada data yang dibutuhkan mendadak, tidak perlu waktu lama untuk mencarinya. Selain itu, apabila ada suatu warga yang membutuhkan pelayanan, layanan yang diberikan bisa lebih cepat. Dampaknya, warga masyarakat menjadi lebih aktif untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa.

Fitur-Fitur Sistem Informasi Desa

Suatu aplikasi tidak akan bisa dioperasikan tanpa adanya fitur. Tidak terkecuali dengan sistem informasi desa yang satu ini. Untuk itu, berikut daftar beberapa nama fitur yang dimiliki oleh aplikasi.

  • Login/Logout
  • Dashboard
  • Master
  • Kematian
  • Kelahiran
  • Mutasi
  • Surat

Rincian Masing-Masing Fitur Sistem Informasi Desa

Anda telah mengetahui apa saja fitur yang ada di dalam source code aplikasi sistem informasi desa berbasis web. Oleh karena itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui rincian dari masing-masing fitur. Berikut ulasannya.

  • Dashboard

Dashboard pada aplikasi informasi desa berisi beberapa menu. Menu-menu tersebut sebenarnya hampir sama dengan fitur, namun isinya tidak sedetail fitur. Seperti total penduduk, total dusun, total KK dan lain sebagainya.

  • Master

Master merupakan fitur yang di dalamnya berisi informasi tentang dusun, penduduk dan kartu keluarga. Apabila Anda ingin memasukkan suatu data, masukkan saja sesuai kriterianya. Misal seperti data penduduk. Pilih menu penduduk kemudian masukkan semua data dalam form yang telah disediakan, seperti NIK, nama lengkap, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

  • Kematian

Selanjutnya yaitu fitur kematian. Fitur ini digunakan untuk menyimpan data-data tentang kematian warga. Data yang dimasukkan dalam fitur yang satu ini biasanya adalah NIK, tempat dan tanggal kematian, alasan dan berkas pendukung.

  • Kelahiran

Fitur kelahiran tidak jauh beda dengan kematian yaitu merekap kelahiran yang terjadi dalam suatu desa. Dalam fitur yang satu ini, data yang diminta biasanya seputar nama, dusun, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin dan lain sebagainya.

  • Mutasi

Kemudian apabila ada warga yang hendak berpindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lain, data-datanya bisa direkap pada fitur mutasi. Warga yang hendak pindah umunya dimintai data terkait nama, alamat asal, alamat tujuan, alasan dan sebagainya.

  • Surat

Fitur terakhir yaitu surat. Surat merupakan fitur yang akan merekap semua surat-surat yang pernah dikeluarkan pemerintah desa.

Spesifikasi Sistem Informasi Desa

Di zaman yang kian modern, suatu aplikasi tentu dirancang dengan spesifikasi yang semakin canggih, begitu pula dengan sistem informasi desa. Aplikasi ini disusun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Nah, apabila Anda tertarik dengan source code aplikasi sistem informasi desa berbasis web, langsung saja download aplikasinya. Semua data terkait desa akan dapat Anda kelola secara lebih mudah dengan aplikasi ini.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange