Source Code Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Dan Akademik Kampus Berbasis Web

2 min read

Kebutuhan sebuah aplikasi dalam dunia pendidikan sudah tidak bisa dihindari lagi. Karena dengan menggunakan aplikasi, pengerjaan administrasi menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi sistem informasi manajemen dan akademik kampus berbasis web merupakan aplikasi yang sangat membantu dalam hal ini dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Kegunaan Aplikasi Berbasis Web

Pada intinya, source code aplikasi sistem informasi manajemen dan akademik kampus berbasis web merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan tenaga adminiistrasi kampus dalam pekerjaannya. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya dan tentunya dalam waktu yang lebih cepat.

Fitur Dalam Aplikasi

Source code aplikasi berbasis web ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Mulai dari fitur yang mengatur manajemen kampus, hingga fitur yang mengatur data mahasiswa dan kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan.  Fitur yang ada dalam aplikasi ini bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Fitur-fitur tersebut ada dalam daftar di bawah ini.

  • Log in
  • Master Data
  • PMB Onlne
  • Akademika
  • HRD
  • Alumni
  • Keuangan
  • Setting
  • Log Out

Fungsi Masing-masing  Fitur Dalam Aplikasi

  • Master Data

Master data adalah fitur yang ada dalam source code php dan mysql yang terbagi dalam beberapa sub fitur. Sub fitur yang ada di sini diantaranya adalah master pusat yang mengatur data kampus seperti badan hukum yang menyatakan identitas kampus termasuk tanggal pendirian dan akta pendirian. Dalam sub fitur ini juga memuat data pimpinan kampus , tenaga teknisi dan tenaga lab.

Sub fitur lainnya adalah sub fitur akademik dan civitas. Untuk sub fitur akademik merupakan sub fitur yang digunakan untuk mengelola kurikulum yang digunakan, mata kuliah yang ada, bobot nilai, predikat, serta fasilitas penunjang yang ada. Sedangkan sub fitur civitas digunakan untuk mengelola kegiatan yang ada di kampus tersebut.

  • PMB Onlne

Dengan download source code aplikasi, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengelola penerimaan mahasiswa baru. Fitur ini terbagi dalam beberapa sub fitur yang memuat data periode PMB, jalur PMB, gelombang PMB, serta soal-soal yang digunakan dalam penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, sub fitur ini juga memuat data asal sekolah dari calon mahasiswa.

  • Akademika

Akademika adalah fitur dalam source code php yang berisi beberapa sub fitur yang digunakan untuk mengelola data kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam satu periode. Data yang ada diantaranya adalah status mahasiswa, jadwal perkuliahan, e-learning, KRS, dan bimbingan akademis. Fitur ini juga berisi tentang  hasil UTS dan UAS, serta nilai hasil studi mahasiswa.

  • HRD

Pengelolaan data HRD dan karyawan dalam aplikasi ini diatur dengan menggunakan fitur HRD. Fitur ini juga berisi beberapa sub fitur yang bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kampus. Data yang dikelola dalam fitur ini meliputi slip gaji karyawan, main HRD, informasi HRD, rekap karyawan, dan juga evaluasi mengajar dosen.

  • Keuangan

Fitur lain yang ada dalam aplikasi ini adalah fitur keuangan. Dalam fitur ini pengguna bisa menggunakan untuk mengelola data keuangan kampus. Fitur ini juga dibagi dalam beberapa sub fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Seperti halnya fitur-fitur lainnya,fitur keuangan ini juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Sub fitur yang ada dalam fitur keuangan ini diantaranya adalah saldo awal, keuangan mahasiswa, pengajuan anggaran, rencana anggaran, jurnal, buku besar, neraca saldo, informasi keuangan, dan juga laporan. Sub fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas tambah, ubah, dan hapus data, yang bisa digunakan untuk melakukan  perubahan data keuangan yang terjadi.

Spesifikasi

Aplikasi sistem informasi manajemen dan akademik kampus berbasis web menggunakan database untuk pengelolaan data. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman php. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web, sehingga mudah untuk diakses dan disesuaikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan aplikasi sistem informasi berbasis web ini, akan sangat membantu karyawan dalam mengelola data kampus yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang cukup besar, karena pengguna aplikasi bisa menghemat waktu dan tenaga, dan tentu saja menghemat dalam penggunaan dana yang dikeluarkan.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange