Source Code Sistem Informasi Aset Berbasis Web

2 min read

Asset dalam sebuah lembaga atau instansi, merupakan hal penting yang bisa menunjang kelancaran dan kelangsungan operasional dari instansi tersebut.  Oleh karena itu, pengelolaan data mengenai asset ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berhati-hati. Adanya aplikasi seperti Sistem informasi asset berbasis web akan sangat membantu dalam pengelolaan data asset tersebut.

Sekilas Tentang Manfaat Aplikasi

Source code sistem informasi asset berbasis web ini merupakan sebuah aplikasi sistem informasi yang dibuat dan digunakan untuk mengelola asset yang dimiliki sebuah instansi atau lembaga pendidikan. Aplikasi akan memudahkan tenaga pengolah data dalam menyelesaikan pekerjaannya, karena aplikasi berbasis web ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan siap untuk digunakan.

Fitur Dalam Aplikasi

Dengan download source code aplikasi, pengguna bisa menggunakan aplikasi berbasis web ini untuk membantu dalam pengelolaan data asset di instansi atau lembaganya. Apalagi aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap, sehingga aplikasi ini bisa langsung digunakan. Beberapa fitur yang sudah tersedia dalam aplikasi ini diantaranya adalah.

  • Login
  • Transaksi
  • Laporan
  • Referensi
  • Cetak Laporan
  • Setting
  • Profil
  • Logout

Fungsi Fitur Yang Ada Dalam Aplikasi

  • Transaksi

Untuk mendata barang baru dalam source code aplikasi berbasis web ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur yang bernama transaksi. Fitur transaksi ini  memang dibuat untuk mendata barang atau asset berupa barang baru. Dengan demikian akan mudah diketahui antara asset atau barang baru dengan barang lama atau barang yang sudah ada sebelumnya.

Dalam fitur transaksi ini terdapat menu tambah, hapus dan edit yang bisa digunakan untuk mengedit data asset. Data yang ada dalam fitur ini diantaranya adalah nama barang, kode barang, jumlah barang, serta tanggal pembelian dan juga tempat atau toko pembelian. Fitur transaksi ini juga bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna aplikasi.

  • Laporan

Laporan adalah fitur yang ada dalam source code php dan mysql yang digunakan untuk mengelola data barang dan seluruh inventaris yang ada dalam instansi atau lembaga pendidikan tersebut. Fitur ini dibagi dalam beberapa sub fitur sesuai dengan jenis masing-masing data. Sub fitur yang ada dalam fitur ini adalah data barang, data inventaris ruangan dan juga kondisi barang.

Sub fitur data barang ini digunakan untuk mengelola data barang yang meliputi kode barang, nama barang, merek barang, serta harga barang. Sub fitur ini dilengkapi dengan menu tambah dan edit, sehingga pengguna bisa melakukan aksi tambah barang apabila ada jenis asset barang yang ditambahkan. Selain itu, ada juga menu edit yang digunakan untuk melakukan perubahan data.

Sub fitur lain berupa inventaris ruangan yang digunakan untuk mendata inventaris ruangan yang ada di lembaga tersebut. sub fitur ini berisi kode ruangan atau ID, nama ruangan, penanggung jawab ruangan serta pengontrol ruangan. Sub fitur lainnya adalah sub fitur kondisi barang yang digunakan untuk mendata dan mengetahui kondisi barang termasuk kerusakan barang yang ada.

  • Referensi

Menu lainnya dalam source code php adalah fitur referensi. Dengan fitur ini, pengguna aplikasi bisa melakukan pendataan barang dalam bentuk tabel. Fitur referensi ini juga dibagi dalam beberapa sub fitur diantaranya adalah tabel kode barang, tabel ruangan, serta atribut ruangan. Di sini data asset bisa dilihat dengan mudah karena disajikan dalam bentuk tabel.

  • Login dan logout

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur login dan logout. Fitur login digunakan untuk masuk ke dalam aplikasi. Untuk bisa  login, pengguna harus menggunakan password yang sudah didaftarkan saat mendownload aplikasi. Fitur ini juga memungkinkan untuk tambah admin, sehingga dalam aplikasi ini digunakan oleh beberapa admin.

Spesifikasi

Sistem informasi asset berbasis web ini merupakan aplikasi yang sangat dinamis, karena apliakasi ini menggunakan bahasa pemrograman php, mysql, dan CI. Dengan demikian aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web, maka aplikasi ini juga mudah untuk diakses dengan menggunakan browser dari berbagai perangkat.

Mengingat begitu banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi sistem informasi untuk pengelolaan data asset di sebuah lembaga atau instansi, maka banyak lembaga yang menggunakannya. Selain hemat dalam waktu pengerjaan, dengan aplikasi ini juga banyak memberikan keuntungan dari segi penghematan tenaga dan biaya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange