Source Code Sistem Informasi Manajemen Surat Berbasis Web

2 min read

Surat menyurat dalam sebuah instansi atau perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Untuk mengatur pendataan surat-surat tersebut, akan sangat mudah apabila dikerjakan dengan menggunakan sebuah aplikasi. Sistem informasi manajemen surat berbasis web, adalah sebuah aplikasi yang sangat cocok untuk digunakan dalam hal ini.

Manfaat Aplikasi Berbasis Web

Source code sistem informasi manajemen surat berbasis web ini dibuat khusus untuk mengatur pengelolaan surat menyurat yang ada di dalam sebuah perusahaan atau instansi. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang berisi fitur-fitur yang sangat diperlukan dalam mengatur pengelolaan surat menyurat. Fitur dalam aplikasi ini bisa digunakan dengan cara download source code aplikasi.

Fitur-fitur Yang Digunakan Dalam Aplikasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi berbasis web ini merupakan aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan dalam manajemen surat menyurat. Dengan demikian, fitur yang ada dalam aplikasi ini bisa mempermudah pengaturan sura menyurat yang ada. Fitur-fitur tersebut adalah.

  • Login
  • Beranda
  • Referensi
  • Buku Agenda
  • Laporan
  • Cetak Laporan
  • Pengaturan
  • Logout

Fungsi Fitur Yang Ada Dalam Aplikasi

  • Beranda

Beranda merupakan tampilan pertama yang bisa dijumpai ketika pengguna aplikasi sudah melakukan login  ke  dalam source code aplikasi berbasis web. Di sini pengguna bisa menemukan berbagai fitur yang terdapat dalam aplikasi. Melalui beranda ini pengguna bisa melihat statistik dari manajemen surat menyurat dari instansi atau perusahaan pengguna aplikasi.

Melalui beranda ini pengguna aplikasi bisa melihat hasil dari manajemen surat menyurat yang sudah dilakukan. Dalam menu beranda ini, informasi yang diberikan merupakan informasi secara global. Untuk mendapatkan informasi secara rinci, maka pengguna  bisa masuk ke masing-masing fitur yang ada. Di sini pengguna juga bisa memilih fitur yang diinginkan.

  • Referensi

Fitur referensi dalam source code php dan mysql ini merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola surat-surat  berdasarkan klasifikasi surat. Ada berbagai macam jenis surat yang ada dalam sebuah perusahaan atau instansi. Surat-surat tersebut sebaiknya dikelompokkan berdasarkan jenisnya, untuk memudahkann dalam pengaturannya.

Dalam fitur ini, pengguna bisa mengelompokkan surat berdasarkan jenis surat. Sebagai contoh ada jenis surat perijinan, surat kepegawaian, surat keorganisasian, kelembagaan, sumbangan, beasiswa, dan lain-lain. Fitur ini dilengkapi dengan menu tambah data yang bisa digunakan untuk menambah jenis surat yang ada. Selain itu, ada juga menu hapus yang digunakan untuk menghapus data.

Pengelompokan surat dalam fitur ini bisa diatur dengan memberikan kode atau nomor surat. Dengan demikian, pengguna akan mudah menemukan surat yang dimaksud berdasarkan kode atau nomor surat, apabila suatu saat membutuhkan data. Selain berdasarkan nomor surat, pengaturan jenis surat juga bisa diatur dengan menggunakan tanggal surat yang ada.

  • Buku Agenda

Buku agenda adalah fitur dalam source code php yang digunakan untuk mengatur surat berdasarkan jenis surat masuk dan surat keluar. Dengan kata lain, fitur buku agenda ini digunakan untuk mengelompokkan surat yang ada berdasarkan jenis surat masuk dan surat keluar. Pembagian jenis surat ini diatur dalam sub-sub fitur yang ada dalam fitur ini.

Surat masuk adalah surat yang diterima dari instansi lain. Dalam sub fitur ini pengguna bisa memasukkan data surat berdasarkan nomor surat, tanggal surat, asal instansi, serta isi ringkas dari surat tersebut. Demikian juga dengan sub fitur surat keluar, pengaturan atau manajemen surat bisa dilakukan dengan cara yang sama.

  • Pengaturan

Fitur pengaturan dalam aplikasi ini digunakan untuk mengatur instansi pengguna aplikasi dan juga manajemen admin pengguna. Dengan adanya fitur ini, akan memudahkan bagi admin pengguna untuk login ke dalam aplikasi, karena data admin dilengkapi dengan menu tambah dan hapus, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Spesifikasi

Sistem informasi manajemen surat berbasis web ini merupakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan mysql. Aplikasi ini merupakan apliaksi berbasis web sehingga mudah untuk diakses serta bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

Penggunaan aplikasi dalam pengelolaan surat di sebuah instansi atau perusahaan memang sangat membantu dan memudahkan. Karena dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur tersebut, manajemen surat bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga lebih cepat.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange