Source Code Sistem Informasi Perpustakaan dengan PHP MySQL

2 min read

Source code sistem informasi perpustakaan dengan PHP MySQL dapat digunakan untuk mengelola data peminjaman buku sekaligus koleksi bahan bacaan dengan mudah. Aplikasi ini dapat digunakan oleh pihak sekolah maupun perpustakaan umum agar memudahkan proses input informasi. Berikut ini adalah ulasan secara lengkap mengenai sistem informasi perpustakaan yang perlu diketahui.

Sekilas Tentang Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem informasi perpustakan merupakan source code aplikasi berbasis web yang dapat dijalankan melalui komputer dengan koneksi internet. Aplikasi mempunyai tampilan yang user friendly, sehingga bisa digunakan untuk menginput data tanpa takut lemot. Source code aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengelola data bahan bacaan yang ada di perpustakaan dengan aman.

Manfaat Sistem Informasi Perpustakaan

Manfaat utama dari source code PHP ini adalah untuk memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola data peminjaman serta koleksi buku yang ada. Di samping itu, aplikasi juga bisa digunakan untuk menyimpan data anggota perpustakaan, sehingga arsip tidak perlu dilakukan secara manual. Petugas admin bisa memanfaatkan aplikasi ini agar informasi perpustakaan bisa dikelola dengan cepat.

Fitur Pada Sistem Informasi Perpustakaan

Baca Juga :   Aplikasi Penelusuran Perangkat Hilang

Sistem informasi perpustakaan dengan PHP MySQL dibekali dengan beberapa fitur yang tergolong canggih dan membantu proses input data. Setiap fitur ini didesain dengan tampilan yang sederhana agar mudah ditemukan oleh admin pengelola perpustakaan. Lalu, apa saja fitur yang ada di dalam sistem informasi perpustakaan tersebut? Simak daftar lengkapnya sebagai berikut.

  • Anggota
  • Buku
  • Petugas
  • Transaksi
  • Laporan
  • Cetak Laporan
  • Pengaturan
  • Login
  • Logout

Penjelasan Masing-Masing Fitur Pada Aplikasi

Setiap fitur yang ada di dalam aplikasi ini mempunyai spesifikasi masing-masing, sehingga admin perpustakaan perlu memahaminya. Setelah admin melakukan download source code aplikasi ini bisa mencoba setiap fungsi dari fitur yang sudah menjadi bawaan dalam aplikasi. Simak ulasan berikut ini mengenai penjelasan fungsi dari setiap fitur yang ada pada sistem informasi perpustakaan.

  • Anggota

Fitur ini berguna untuk mendata siswa yang mendaftar menjadi anggota perpustakaan dengan cara menambahkannya. Data yang perlu diinput pada fitur ini untuk mendata anggota perpustakaan antara lain adalah NIS, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, kelamin, dan foto profil. Daftar anggota yang sudah terdaftar di sistem informasi ini akan ditampilkan ke dalam bentuk tabel agar bisa ditambah atau diedit.

  • Buku
Baca Juga :   Source Code Aplikasi K-Means Clustering Berbasis Web dengan PHP

Buku merupakan fitur yang berguna untuk mengelola data koleksi bahan bacaan di perpustakaan. Anda bisa menambahkan data buku koleksi di perpustakaan melalui form yang ada di fitur ini. Petugas perpustakaan juga bisa menambahkan foto buku agar memudahkan jika ada siswa yang emncarinya. Daftar koleksi buku yang ada di perpustakaan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk tabel.

  • Petugas

Source code PHP dan MySQL ini juga menyediakan fitur petugas untuk menambah akun bagi admin yang akan mengelola sistem informasi perpustakaan. Data yang perlu diinput melalui fitur petugas ini adalah username dan password sesuai dengan nama admin. Apabila proses input data ini selesai, maka admin perpustakaan bisa mencoba untuk login sesuai dengan password dan usernamenya.

  • Transaksi

Transaksi pada sistem informasi perpustakaan ini berhubungan dengan peminjaman dan pengembalian buku. Pada fitur ini akan disediakan dua form berbeda yang digunakan untuk mendata peminjaman dan pengembalian buku oleh siswa. Pada saat memproses data peminjaman, petugas admin akan memberikan batas waktu untuk memastikan bahwa siswa tidak terlambat mengembalikan.

  • Laporan
Baca Juga :   Source Code Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Dan Akademik Kampus Berbasis Web

Fitur yang  pada sistem informasi perpustakaan ini adalah laporan untuk melihat data peminjaman dan pengembalian buku. Data peminjaman dan pengembalian ini selanjutnya bisa dicetak secara berkala sebagai laporan rutin dari petugas perpustakaan. Cara mencari laporan informasi perpustakaan juga cukup mudah, yaitu dengan memasukkan tanggal peminjaman dan pengembalian.

  • Logout

Logout merupakan fitur yang bisa digunakan oleh admin apabila ingin keluar dari aplikasi setelah menyimpan data perpustakaan. Hal ini akan memudahkan apabila terjadi pergantian admin yang mengoperasikan aplikasi agar bisa menggunakan akunnya masing-masing.

Spesifikasi Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem informasi perpustakaan dengan PHP MySQL ini mempunyai desain yang tampilannya mudah dipahami karena sederhana. Database MySQL pada aplikasi ini dapat menyimpan banyak informasi perpustakaan dengan aman dan dapat dicari kembali.

Aplikasi ini hanya diakses oleh admin dengan username dan password yang sudah terdapat di dalam aplikasi tersebut. Dengan keamanan terjamin ini, Anda semakin direkomendasikan mendownloadnya.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih