Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW Dan AHP

1 min read

Penggunaan aplikasi dalam pengambilan keputusan memberikan dampak positif  bagi berbagai  bidang. Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW Dan AHP adalah salah satu aplikasi sistem pendukung keputusan yang bisa membantu pengambilan keputusan. Selain keputusan bisa diambil dalam waktu lebih cepat, hasil keputusan juga lebih tepat.

Kegunaan Aplikasi

Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW Dan AHP ini merupakan aplikasi yang menggunakan sistem AHP. Hal tersebut membuat aplikasi ini mampu mencari bobot kriteria. Sementara sistem SAW dalam aplikasi ini berguna untuk menghitung pembobotan data alternatif. Dengan kedua sistem tersebut, hasil keputusan yang didapat akan lebih akurat dan tepat.

Fitur-fitur Yang Ada Dalam Aplikasi

Setelah memiliki aplikasi yang satu ini, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan keputusan berdasarkan data kriteria dan data alternatif yang sudah dimasukkan. Proses memasukkan data dan pengambilan keputusan dalam aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur yang ada. Adapun fitur dalam aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Login
  • Data Keputusan
  • Input Data Kriteria
  • Input Data Alternatif
  • Hitung Data Kriteria
  • Hitung Data Alternatif
  • Logout

Fungsi Fitur Dalam Aplikasi

  • Input Data Keputusan

Fitur Input Data Keputusan ini merupakan fitur yang berisi keputusan yang diambil. Dalam fitur ini pengguna  bisa memasukkan satu keputusan yang nantinya akan dihitung berdasarkan bobot kriteria dan bobot alternatif yang ada. Keputusan yang sudah diinputkan, bisa berubah setelah dihitung berdasarkan data kriteria dan juga data alternatif yang ada.

  • Input Data Kriteria

Beberapa kriteria atau dasar perhitungan untuk menentukan keputusan akhir, bisa diinputkan dengan menggunakan fitur Input Data Kriteria. Dari beberapa data kriteria yang dimasukkan, nantinya akan menjadi dasar dalam penghitungan dalam aplikasi ini, untuk mendapatkan kepurusan akhir.

  • Input Data Alternatif

Sementara Input Data Alternatif adalah fitur yang digunakan untuk mendapatkan beberapa alternatif pilihan dari keputusan awal yang sudah ada. Fitur ini dilengkapi dengan menu aksi tambah, yang digunakan untuk memasukkan data alternatif baru. Selain itu, dalam fitur ini juga terdapat menu hapus data apabila data alternatif tidak diperlukan lagi.

  • Hitung Data Kriteria

Langkah untuk mendapatkan keputusan adalah dengan melakukan hitung data kriteria. Langkah tersebut akan dilakukan menggunakan metode AHP untuk melakukan penghitungan bobot data kriteria yang ada. Penghitungan bobot data kriteria ini juga dilengkapi dengan penghitungan rasio prioritas dari masing-masing data kriteria. Dari sini, nantinya nilai bobot data kriteria akan didapatkan.

  • Hitung Data Alternatif

Untuk mendapatkan hasil keputusan pada aplikasi sistem pendukung keputusan ini, Anda bisa menggunakan fitur Hitung Data Alternatif. Fitur ini menggunakan sistem SAW, yaitu sistem penghitungan bobot data alternatif. Sistem ini akan menampilkan beberapa nilai penghitungan dari data alternatif, berdasarkan rasio prioritas dari nilai setiap data alternatif.

Spesifikasi

Source Code Sistem Pendukung Keputusan Metode SAW Dan AHP ini merupakan aplikasi sistem pendukung keputusan yang menggunakan dua metode. Metode AHP digunakan untuk melakukan penghitungan data kriteria, sedangkan metode SAW digunakan untuk melakukan penghitungan data alternatif. Bahasa pemrograman dari aplikasi ini masih menggunakan php dan mysql.

Aplikasi sistem pendukung keputusan dengan metode SAW dan AHP ini merupakan aplikasi yang bisa diandalkan untuk memabntu Anda dalam mendapatkan keputusan. Dengan mengandalkan dua metode SAW dan AHP, membuat data yang diperoleh dari aplikasi ini sangat akurat. Hal ini jugalah yang membuat aplikasi tersebut sangat direkomendasikan untuk Anda manfaatkan sesuai kebutuhan.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange