Ssource Code Website Portal Berita Desa Responsive Berbasis Web

2 min read

Penyediaan informasi yang akurat dan transparan sangat dibutuhkan oleh semua orang, termasuk di lingkup desa. Source code website portal berita desa responsive berbasis web bisa digunakan untuk dijadikan penyedia informasi secara digital yang lebih cepat, mudah, dan tepat. Lalu apa saja kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini? Berikut informasinya untuk Anda.

Sekilas Tentang Aplikasi

Aplikasi ini merupakan source code aplikasi berbasis web yang berguna untuk menampilkan beberapa informasi penting tentang suatu desa. Informasi atau berita tersebut berasal dari input data yang dilakukan oleh admin ke dalam fitur aplikasi, sehingga para penggunanya bisa melihat dengan mudah melalui media elektronik.

Manfaat Aplikasi

Pembuatan aplikasi web ini yaitu untuk dijadikan alamat website atau platform digital resmi oleh unit atau pemerintahan desa. Admin bisa memberikan informasi penting seperti sejarah desa, potensi alam, demografi, dan sumber daya manusianya. Dengan begitu penduduk desa tidak perlu pergi ke balai desa hanya untuk melihat informasi, karena admin sudah bisa menyebarkan informasi melalui sistem aplikasi.

Fitur Aplikasi

Dalam melakukan penyediaan informasi secara akurat, website portal berita desa responsive berbasis web ini didukung oleh beberapa fitur. Berbagai fitur tersebut akan melakukan tugasnya dalam menjalankan aplikasi, dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Berikut adalah daftar fiturnya.

  • Kelola Data Profile
  • Kelola Data Proyek Desa
  • Kelola Struktur Organisasi
  • Kelola Berita
  • Kelola Data Penduduk
  • Kelola Komen Dan Saran
  • Data Pengguna

Penjelasan Fitur Aplikasi

Fitur-fitur di atas akan berjalan jika Anda telah melakukan download source code aplikasi. Hal tersebut digunakan sebagai server yang bisa mengoperasikan sistem aplikasi. Jika sudah memasangnya, maka kegunaan-kegunaan fitur aplikasi di bawah ini bisa langsung Anda gunakan.

  • Kelola Data Profile

Pada bagian ini, halaman aplikasi dapat digunakan untuk menginput data profil desa. Profil desa tersebut bisa meliputi sejarah desa, visi dan misi, penampakan lokasi peta desa, dan lain sebagainya. Menu ini akan menampilkan informasi secara detail.

  • Kelola Data Proyek Desa

Menu ini bisa digunakan untuk memasukkan semua proyek desa yang direncanakan atau sudah dilaksanakan. Admin bisa mengisi dokumentasi serta rangkaian kerangka proyek dengan detail sehingga semua lapisan masyarakat bisa mengetahui secara transparans. Selain itu, Admin itu bisa menambahkan galeri atau foto proye tersebut.

  • Kelola Struktur Organisasi

Fitur dalam source code php dan mysql ini berguna untuk menginput struktur organisasi pemerintahan desa dan jajarannya. Admin dapat menambahkan data identitas lengkap setiap jabatan unit desa dengan foto dan perannya masing-masing. Data tersebut meliputi nama, gelar, jabatan, dan informasi terkait tersebut.

  • Kelola Berita

Fitur dalam source code php ini bisa digunakan untuk menuliskan berbagai macam berita, informasi, dan pengumuman penting. Anda tinggal menuliskannya di dalam fitur-fitur yang ada. Setelah menyimpannya, data tersebut akan disajikan dalam bentuk yang lebih menarik oleh tampilan sistem aplikasi.

  • Kelola Data Penduduk

Fitur ini bermanfaat untuk menginput data penduduk. Data tersebut bisa meliputi nama-nama setiap kepala keluarga beserta keterangan lengkapnya. Dengan fitur ini, Admin bisa mengetahui jumlah penduduk yang meninggal atau status-status lainnya.

  • Kelola Komen Dan Saran

Bagian ini bisa digunakan untuk layanan publik untuk kritik dan saran. Para pengakses bisa menuliskan keluhan, saran, dan kritik kepada pemerintahan desa. Keluhan tersebut bisa mengarah ke program serta organisasi tersebut.

  • Data Pengguna

Fitur ini bisa digunakan untuk mengelola pengguna aplikasi. Admin bisa mengubah, menambah, atau menghapus data pengguna berdasarkan username dan password.

Spesifikasi Aplikasi

Keuntungan menerapkan aplikasi ini adalah bisa mewujudkan peningkatan pembangunan desa dan akunabilitas di semua aspeknya. Aplikasi ini juga menggunakan php dan mysql sehingga mudah dipahami. Fiturnya bisa digunakan untuk mengelola data penduduk serta data-data lain yang menyangkut profil desa.

Website portal berita desa responsive berbasis web tersebut sangat cocok bagi desa-desa yang ingin mewujudkan penerapan teknologi. Informasi yang diberikan kepada masyarakat desa akan lebih cepat tersampaikan dan selalu bersifat real time. Penerapan teknologi ini akan memudahkan segala lini kegiatan yang dibutuhkan, misalnya di bidang layanan dan informasi publik.

Untuk mendownload full source code ada tombol di bawah ini terima kasih

Avatar

Secured By miniOrange