admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tips Memilih Server untuk Website Bagi Blogger

1 min read

Tips Memilih Server untuk Website Bagi Blogger – Server merupakan aspek yang penting untuk dipilih jika ingin mendapatkan website dengan performa yang baik. Server yang sudah dipilih akan berpengaruh besar pada kemampuan website, terutama pada hasil pencarian mesin pencari.

Apabila server yang Anda gunakan memiliki lokasi yang lebih dekat dengan website yang Anda kelola, tentu website yang Anda gunakan memiliki performa yang baik. Ada berbagai aspek lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih server, berikut adalah tips yang bisa Anda gunakan.

Memilih Lokasi yang Tepat

Memilih server untuk website yang pertama adalah melihat dimana lokasi server tersebut. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan memilih lokasi server yang dekat dengan website, diantaranya adalah:

  • Membuat Proses Muat Lebih Cepat

Dengan letak yang lebih dekat, Anda bisa mendapatkan proses muat website yang lebih singkat. Apalagi jika Anda memang fokus ingin mencapai target pasar tertentu. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab, transfer yang cepat ketika data dibutuhkan bisa berlangsung dengan lebih baik.

  • Posisi di Mesin Pencari Baik
Baca Juga :   Tips Akurat Mengganti Namaserver Di Domain

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan server dengan posisi yang dekat adalah posisi website di mesin pencari. Waktu muat yang lebih cepat, penggunaan mesin pencari, apalagi diikuti dengan domain yang sesuai target pembaca akan membuat posisi website lebih baik.

  • Traffic yang Lebih Baik

Memilih server untuk website memang lebih baik baik jika berdekatan, sebab nantinya traffic juga lebih tinggi. Semakin baik posisi Anda di mesin pencari, maka semakin baik pula traffic yang nantinya akan didapatkan. Tentunya Anda juga harus memperhatikan factor lain, seperti kata kunci, SEO dan judul konten.

Pilih Server dengan Latency yang Kecil

Selanjutnya terkait dengan memilih server, pastikan bahwa server yang Anda gunakan memiliki latency yang kecil. Latency merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan pemindahan data oleh server dan juga browser. Umumnya proses transfer data dilakukan hanya dalam waktu singkat, yakni satuan milidetik.

Memilih server untuk website dengan latency kecilakan membuat proses muat website menjadi lebih mudah dan efisien. Nantinya pengguna dan pengunjung website tidak perlu merasa kesusahan lagi apabila hendak mencari konten tertentu di website yang Anda kelola.

Baca Juga :   Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android

Menggunakan Server dengan Infrastruktur Baik

Apabila Anda ingin menggunakan server yang baik, pastikan bahwa infrasturktur yang dipakai oleh server tersebut memang baik. Sebelum melakukan pemesanan server atau pemakaian layanan, Anda bisa melihat terlebih dahulu penataan kabel jaringan atau mengecek keamanan gedung.

Jangan lupa untuk memilih server untuk website yang aman, dalam artian aman dari berbagai serangan online hacker atau scammer, serta aman dari berbagai kemungkinan kerusakan fisik, baik sengaja atau tidak sengaja. Pilih yang sudah memiliki reputasi baik untuk mendapatkan layanan yang prima.

Tips lain yang bisa Anda gunakan adalah memilih server dengan uptime yang tinggi. Uptime merpakan ketersedaan server untuk melakukan unggahan konten, sedangkan downtime merupakan waktu ketika server idak digunakan dikarenakan perawatan. Anda tentu tidak ingin menggunakan server yang sering mengalami down time ke depannya.

Demikianlah berbagai cara memilih server untuk website yang bisa Anda lakukan. Dengan informasi tersebut, semoga Anda bisa memilih server yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis website yang dipakai. Dengan server yang tepat, Anda bisa dengan mudah melakukan optimasi dan peningkatkan performa website.

Baca Juga :   Teknologi Hosting untuk Website yang Mudah Dioptimasi
memilih server untuk website

Sumber : dewaweb.com

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code