admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tips Mengatasi Besar Kapasitas Hosting Kepenuhan

1 min read

Tips Mengatasi Besar Kapasitas Hosting Kepenuhan harus dilakukan mulai hari ini untuk meringankan hosting agar bisa digunakan kembali. Sejatinya, sebelum mengatasi kapasitas hosting yang kepenuhan, pengguna harus terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap penggunaan hosting tersebut. Caranya yaitu, lakukan pengecekan secara berkala untuk melihat kapasitas hosting yang digunakan dengan cara login melalui cPanel Hosting.

Pentingnya Mengatasi Kapasitas Hosting yang penuh

 mengatasi besar kapasitas hosting

Sumber : domainesia.com

Selanjutnya, pada bagian sisi kanan Disk Usage, pengguna harus bisa melihat kapasitas hosting yang dimiliki melalui tiga identitas warna yang tertera. Pertama yaitu apabila berwarna hijau maka ini menandakan bahwa kapasitas hosting telah penuh, sehingga pengguna harus mengurangi upload file website. Apabila warna kuning maka ini menandakan bahwa kapasitas hosting penuh dan harus berhati-hati, jika merah maka hosting full.

Adapun mengatasi besar kapasitas hosting kepenuhan juga  diukur dari bagian disk usage yang bertuliskan 3.02 GB atau 5 GB sebesar 60,45%. Artinya ini menandakan bahwa kapasitas hosting tersebut telah digunakan secara maksimal dan full. Proses pengecekan hosting tersebut bertujuan untuk melihat besar kapasitas hosting tersebut disebabkan oleh file dan folder yang terus bertambah setiap harinya. Sehingga dibutuhkan sikap selektif.

Baca Juga :   Web Hosting vs Managed Wordpress Hosting, Mana yang Baik?

Tips Mengatasi Kapasitas Hosting Kepenuhan

Berikut ini panduan dalam mengatasi kapasitas hosting yang penuh yaitu sebagai berikut. Pertama, pengguna harus rajin dalam menghapus beberapa file yang tidak penting. Caranya yaitu pengguna harus bisa mengetahui berapa banyak sel yang terdapat di dalam hosting, yakni dengan cara melakukan klik menu CpCleaner. Intinya adalah untuk melakukan scanning terhadap berbagai macam hal yang dianggap kurang penting dan memenuhi sistem

Pada proses mengatasi besar kapasitas hosting kepenuhan, pengguna harus melihat sistem file yang digunakan Apakah berbentuk error log ataukah berbentuk file trash. Caranya sangat mudah inilah ulasannya.  Pengguna harus login terlebih dahulu pada cPanel dengan melalui website resmi ataupun email yang  terdaftar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi atau data seputar tentang cPanel hosting dengan mudah.

Ketiga, harus bisa memilih menu CpCleaner yang tertera di laman hosting. Lalu, pengguna silakan melakukan login dengan melakukan pencarian bertuliskan CpCleaner, dan lakukan klik pada menu tersebut. Setelah itu barulah cara yang keempat adalah pengguna harus melakukan scanning terhadap file yang digunakan. Tujuan scanning tersebut adalah untuk mengatasi kondisi file yang mengalami error ataupun kesalahan secara tiba-tiba.

Baca Juga :   Inilah Cara Mengatasi Kapasitas Hosting yang Penuh

Cara yang kelima dalam mengatasi besar kapasitas hosting yaitu hapuslah file yang telah mengalami error. Caranya adalah pengguna harus memberikan terlebih dahulu tanda centang dan penghapusan file error di dalam folder yang digunakan. Lalu nantinya akan muncul sebuah tulisan cleaning the files will not have the possibility to recover. Setelah itu sama tunggulah proses penghapusan selesai dan lakukan klik ok pada halaman websitenya.

Apabila penghapusan telah selesai, maka hosting dapat digunakan kembali seperti semula. Ini menandakan bahwa fosil telah aktif dan bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari pada penyimpanan folder atau file. Dengan begitu, hosting bisa digunakan untuk menampung kembali file baru kenapa harus mengalami kegagalan ataupun error.

Sekian informasi terbaru mengenai mengatasi besar kapasitas hosting yang telah penuh. Semoga info ini bisa menjadi pedoman dasar bagi pengguna agar lebih selektif dan berhati-hati dalam penggunaan hosting. Intinya adalah,  ketika ingin melakukan penghapusan perhatikan setiap langkah yang diberikan agar tidak terjadi kesalahan yang bersifat permanen. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code