admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Tips Menggunakan cPanel untuk Hosting yang Lebih Mudah

1 min read

Tips Menggunakan cPanel untuk Hosting yang Lebih Mudah – cPanel merupakan salah satu control panel yang sering digunakan untuk mengelola website. Tools ini banyak digunakan karena kemudahan dalam penggunaannya, apalagi ia bisa digunakan di semua jenis website dan domain.

cPanel sendiri merupakan control panel yang digunakan untuk melakukan pengelolaan website dan domain via Linux, utamanya untuk membuat hosting website nyaman digunakan. Dengan menggunakan cPanel, maka Anda bisa mengelola website dalam satu tempat, membuatnya lebih praktis dan efisien untuk dilakukan.

Tips Menggunakan cPanel dengan Benar

  • Melakukan Pemasangan Installatron

Tips menggunakan cPanel untuk hosting yang pertama adalah dengan melakukan pemasangan aplikasi Installatron. Aplikasi ini merupakan plugin tambahan yang bisa sekaligus Anda pasang untuk website.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah, Anda hanya perlu mencarinya di browser aplikasi, yang akan memudahkan proses pemasanganya nanti. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi plugins atau aplikasi lain yang sekiranya akan membantu pengelolaan website.

  • Menambahkan Domain Baru ke Akun

Tips menggunakan cPanel untuk hosting selanjutnya adalah menambahkan domain baru ke akun yang Anda miliki. Banyak yang menganggap bahwa satu akun cPanel hanya bisa digunakan untuk satu domain saja, namun anggapan tersebut keliru, satu cPanel bisa digunakan untuk beberapa website atau domain.

Untuk menambahkan akun domain atau website baru ke cPanel yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan fitur cPanel addon domain. Dengan menggunakan tools tersebut, Anda bisa lebih mudah menambahkan domain ke cPanel dan mengelolanya.

  • Memanfaatkan Built in Analytics

Berikutnya terkait dengan Google Analytics, tools analisis ini memang paling populer digunakan oleh blogger, sebab memberikan informasi yang akurat terkait dengan keadaan dan performa website. Tips menggunakan cPanel untuk hosting lainnya adalah menggunakan tools analisis, namun bukan dari Google.

Tools tersebut disebut dengan AWstats dan akan membantu Anda untuk melakukan analisis sama baiknya dengan hasil analisis dari Google Analytics. Banyak yang merasa bahwa analisis yang dikeluarkan oleh Google membutuhkan waktu yang lama, AWstats bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai alternative.

  • Atur File dengan cPanel File Manager

Tips menggunakan cPanel untuk hosting lain yang patut Anda coba adalah mengatur file menggunakan File Manager. Umumnya blogger melakukan transfer data dengan menggunakan FTP, namun cara ini kadang membutuhkan waktu yang panjang dancara yang rumit.

Karena itu, Anda disarankan menggunakan cPanel File Manager yang disediakan oleh cPanel. Dengan menggunakan file tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam menghapus file, mengunggah ataupun memodifikasi berbagai data yang Anda simpan sebelumnya.

Anda juga dapat melakukan tips menggunakan cPanel untuk hosting dengan pemaksimalan penggunaan setup database. Database yang disediakan oleh cPanel menggunakan bahasa pemrograman Mysql, sehingga mudah untuk dikelola dan dipelajari secara bertahap.

Terdapat banyak tutorial yang bisa Anda jadikan panduan terkait dengan pemaksimalan database. Untuk database yang sudah Anda buat, Anda bisa memberikan username, memberikan kata sandi, hingga menyusunnya secara rapi menggunakan fitur yag tersedia. Hal yang sama juga berlaku untuk update PHP yang bisa Anda lakukan dengan cara yang lebih ringkas.

Demikianlah berbagai tips menggunakan cPanel untuk hosting yang bisa Anda lakukan, semoga dengan informasi tersebut penggunana cPanel untuk pengelolaan hosting maupun domain dapat Anda maksimalkan. Apabila Anda memiliki masalah terkait dengan cPanel, jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia layanan hosting untuk informasi lengkapnya.

Tips menggunakan cPanel untuk hosting

Sumber : idwebhost.com

Avatar
admin Halo.. saya adalah admin di sini, saya bertugas menulis dan memposting artikel di blog ini, semua source code smua ini dapat di download di php.id/code

Secured By miniOrange